Semua orang pastinya butuh cara efektif dan efisien untuk belajar di rumah. Sebetulnya, belajar bukan hanya diperuntukkan untuk siswa saja. Beberapa orang dengan status bekerja pun perlu belajar demi menggapai prestasi atau target yang diinginkan.

Setiap orang sepertinya punya metode belajar sendiri-sendiri. Namun, tidak sedikit yang mengaku belum menemukan metode belajar yang efektif dan efisien khususnya untuk diterapkan di rumah. Dengan menerapkan metode belajar yang efektif dan efisien, tentunya akan memberikan hasil lebih maksimal. Berikut cara belajar yang efektif dan efisien di rumah yang bisa dicoba.

1. Menetapkan Target Atau Tujuan
Cara pertama supaya belajar di rumah jadi efektif dan efisien adalah tetapkan target terlebih dahulu. Misalnya, ingin mencapai nilai A untuk salah satu pelajaran. Untuk mendapatkan nilai A setidaknya harus sampai skor 80 ke atas. Secara tidak langsung, akan termotivasi belajar dengan lebih giat, karena tidak mudah mendapatkan skor tersebut.

2. Buat Jadwal Belajar Dan Konsisten Mengikutinya
Usahakan membuat jadwal belajar sendiri. Misalnya setiap hari harus belajar pada jam 7 hingga 8 malam. Kamu juga harus konsisten mengikuti jadwal tersebut. Percayalah, semakin rutin belajar maka materi juga akan lebih cepat ditangkap otak. Sistem belajar ini juga jauh lebih baik daripada kebut semalam.

3. Membuat Suasana Belajar Yang Nyaman
Membuat suasana belajar yang nyaman juga bisa dilakukan. Hal ini akan membuat fokus belajar tetap terjaga karena lingkungan yang kondusif. Kalau kamu suka suasana sepi, bisa dicoba belajar di kamar. Ada juga beberapa orang yang suka belajar sambil mendengarkan lagu. Masing-masing orang punya kenyamanan sendiri, jadi sesuaikan saja.

4. Coba Buat Rangkuman
Coba ulangi materi yang kamu pelajari dengan membuat rangkuman. Isi rangkungan tersebut tentang poin-poin penting materi sebelumnya. Tulis dengan kalimat sendiri yang paling kamu pahami. Sebelum ujian tiba, buat rangkuman tersebut pada buku catatan, sembari mengulang materi.

5. Buat Akronim
Artinya, kamu bisa buat singkatan yang mudah diingat. Misalnya ketika belajar tentang beberapa asaz pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Supaya tidak terlalu susah menghafalnya, buat singkatan saja yaitu Luberjudil, dan akronim lainnya.

6. Jangan Terlalu Menghafal Tapi Pahami
Tidak salah memang banyak orang yang masih belajar dengan metode menghafal. Padahal belajar dengan menghafal ini hanya akan memberikan ingatan jangka pendek saja. Kamu mungkin bisa ingat saat ujian berlangsung. Tapi di waktu lama, ilmu tersebut akan hilang dan tidak berguna lagi.

7. Jangan Pernah Malu Bertanya
Tujuan belajar adalah karena kamu tidak mengerti. Jadi, tidak salah jika kamu harus bertanya pada orang lain jika tidak paham. Kamu bisa coba tanyakan materi yang tidak dimengerti pada teman. Bisa juga kamu buat diskusi secara online. Dengan begitu, belajar di rumah jadi lebih menyenangkan.

8. Belajar Bersama
Siapa bilang belajar di rumah tidak seru? Coba undang teman-teman untuk belajar bersama. Belajar bersama seperti ini akan memudahkan otak menangkap materi karena suasanya cenderung lebih santai. Tapi hati-hati, belajar bersama ini juga bisa membuat tidak fokus. Coba buat aturan belajar supaya tidak terganggu.

9. Hindari Multitasking
Hindari untuk belajar secara multitasking. Misalnya kamu belajar langsung banyak materi sekaligus. Ini akan membuat konsentrasi makin kacau dan tidak fokus. Pelajari dulu satu materi, jika sudah cukup paham, ganti yang lain. Cara belajar seperti itu jauh lebih efektif dan efisien.

10. Tidak Boleh Mudah Putus Asa
Ketika semua metode pembelajaran sudah dilakukan tapi kamu belum menunjukkan hasil bagus, jangan mudah menyerah. Tetap percaya diri dan berusaha supaya target yang diinginkan bisa tercapai. Tidak ada jalan pintas untuk menjalani hidup. Hanya dengan kerja keras yang akan membuahkan hasil terbaik.

Itu dia tadi beberapa cara belajar di rumah sehingga lebih efektif dan efisien. Kamu bisa mencobanya jika bingung memilih metode belajar yang tepat. Semoga berhasil mencapai target yang diinginkan. (yuli)