Bang Rusman – Di masa kini seiring dengan pertumbuhan pesat teknologi hingga pergeseran generasi, dirasa maupun tidak ikut mempengaruhi gaya masyarakat dalam sektor ekonomi atau bisnis. Pada era ini, muncul tren yang namanya bisnis baru yang disebut dengan bisnis kreatif. Dapat dikatakan bahwa bisnis ini mengedepankan penggunaan ide-ide atau kreativitas pelaku usahanya.

Era 4.0 saat ini ikut mempengaruhi kaum Milenial hingga Gen-Z, tak terkecuali dalam hal berbisnis. Tak dipungkiri tren ini pun ikut menambah ide bisnis atau lapangan pekerjaan baru. 

Meskipun bisnis seperti ini sudah banyak dilakukan sebelum-sebelumnya secara manual seperti bisnis kerajinan tangan (handmade), namun kini dengan perkembangan teknologi ide usaha kreatif seolah menjadi semakin luas. 

Contoh Ide Bisnis Kreatif Masa Kini

Ada banyak contoh ide bisnis baru yang bisa dijadikan acuan olehmu, apalagi pada generasi modern ini manusianya pun telah terbiasa menggunakan kemutakhiran suatu perangkat teknologi yang digunakan.

1. Desainer

Pertama, ide bisnis yang bisa kamu jadikan referensi adalah membuka jasa sebagai desainer profesional sehingga banyak orang yang tertarik untuk menggunakan jasamu. Di masa kini penggunaan teknologi dalam profesi ini pun seolah tak terpisahkan, karena ia sebagai fasilitas penunjang pekerjaan.

Baik sebagai desainer interior, desainer fashion, desainer grafis, hingga arsitek, kini banyak yang menyelesaikan tugas pekerjaan tersebut melalui alat teknologi seperti gadget untuk membuat desain atau konsepnya.

Apalagi jika kamu memilih menjadi desainer grafis, seperti dalam pembuatan desain poster, banner, baliho, pamflet, hingga logo, itu tidak terlepas dari peran alat canggih tersebut.

2. Fotografer dan Videografer

Jenis pekerjaan kreatif selanjutnya yang sesuai dengan kaum milenial adalah menjadi fotografer atau videografer. Dikatakan kreatif, karena menjadi fotografer pun kamu harus menuangkan ide-ide menarik seperti menentukan konsep jepretan yang ciamik. Begitu pula videografer, biasanya konsep pengambilan video pun harus ditentukan dengan baik.

Dengan prosedur kerja yang seperti inilah, saat ini seringkali kita melihat hasil pekerjaan seorang fotografer atau videografer dengan kualitas yang baik. Dan kamera serta seperangkat alat pendukung lainnya lah yang dibutuhkan oleh profesi ini.

3. Editor

Ide bisnis kreatif yang tak kalah keren selanjutnya adalah editor. Menjadi seorang editor jelas sekali dapat tergambar bahwa profesi ini membutuhkan kreativitas yang tinggi. 

Profesi editor pun sebetulnya luas sekali jenisnya. Mulai dari video editor, photo editor, dan lainnya. Sehingga lapangan pekerjaan sebagai editor seringkali banyak ditemui, bahkan kamu bisa membuka jasa editing sendiri.

4. Content Creator

Content creator menjadi salah satu jenis pekerjaan yang dewasa ini tengah merebak, bahkan di tengah-tengah kemajuan teknologi seperti adanya media sosial dan media baru, keberadaannya semakin menjadi.

Peluang menguntungkan dengan menjadi content creator pun diperkirakan sangat gemilang hingga ke depannya, karena angka pengguna internet dan media sosial semakin bertambah. Kamu cukup latih kreativitas diri, seperti membuat konsep konten, skrip, hingga peka akan hal-hal baru, sudah menjadi bekal menjanjikan untuk menjadi pembuat konten.

5. Content Writer/Penulis

Tidak ketinggalan, menjadi penulis atau content creator pun termasuk ke dalam bisnis kreatif karena ada ide yang dituangkan dalam teks. Cukup berbekal laptop atau smartphone saja, proses kerja sebagai seorang penulis bisa diselesaikan dengan apik.

Sudah banyak orang yang terjun langsung menjadi content writer, baik penulis berita, artikel, karya fiksi, dan lainnya. Dengan berbekal minat, bakat, serta fasilitas pendukung, kamu juga bisa berprofesi sebagai penulis.

Begitulah 5 ide bisnis kreatif yang dapat dicoba oleh generasi masa kini. Soal keuntungan tak perlu diragukan lagi, karena dapat diyakinkan dari potensinya yang tinggi. (yuli)