Bang Rusman – Telah banyak orang yang memilih terjun dalam sektor bisnis sebagai usaha mendapatkan pemasukkan yang lebih optimal. Bagi pebisnis sendiri, pasti menginginkan ide usaha yang dapat dijalankan, diwujudkan, hingga dikelola dengan mudah. Bahkan banyak yang memilih bisnis modal murah namun menjanjikan cuan berlimpah.

Jika kamu salah satunya, maka pembahasan berikut wajib diketahui. Bukan hanya menguraikan jenis usaha dengan modal murah saja, akan tetapi juga memilih bisnis yang prospek dan potensinya tinggi. Salah satunya diprediksi akan selalu diminati para konsumen hingga ke depannya. 

Contoh Bisnis Modal Murah dengan Potensi Untung Tinggi

Berikut ini beberapa ide bisnis menjanjikan yang bisa kamu wujudkan meskipun dengan dana yang terbatas. Seiring dengan pengelolaannya yang terus dikembangkan, bisnis-bisnis berikut ini juga dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan. 

1. Bisnis Waralaba

Salah satu referensi bisnis yang pertama adalah dengan bermitra di salah satu franchise ternama. Sebelum yakin untuk mendaftar kemitraan, kamu lebih baik menentukan terlebih dahulu jenis usaha seperti apa yang ingin dijalankan. 

Jika minatmu lebih condong pada bisnis kuliner, maka ikutilah kata hati dan sesuaikan dengan prospek bisnisnya. Atau kamu juga dapat memilih bisnis minuman kekinian yang mana saat ini memiliki banyak penggemar. Setelah itu bisa menentukan brand waralaba yang diinginkan, menghubungi call center dan mendaftar.

Untuk konfirmasi pendaftaran kemitraan biasanya kamu harus melakukan pembayaran dana atau modal usaha yang disebutkan, sebelum akhirnya diberikan training dan dikirimkan fasilitas usaha ke lokasi tujuan. Tenang saja, sejauh ini banyak franchise dengan modal rendah dan untung banyak.

2. Membuka Bisnis Jasa

Berikutnya, membuka bisnis jasa juga bisa menjadi ide bisnis modal murah bahkan dapat dilakukan meskipun tanpa modal. Jika sebelumnya kamu lebih familiar pada usaha dengan output barang atau produk, maka kini juga sedang marak yang namanya bisnis jasa.

Seperti misalnya jasa editing video, editing foto, desainer grafis, videografer, photografer, penulis, hingga content creator. Untuk menjalankan bisnis jasa seperti ini kamu hanya tinggal mempersiapkan skill serta fasilitas pendukung saja. Pemesanan atau kerjasama dengan klien pun biasanya dapat dilakukan secara online.

3. Bisnis Handmade atau Kerajinan

Mungkin masih banyak yang meremehkan prospek dari bisnis kerajinan. Namun sebagai pebisnis yang baik, kamu bisa kembali melakukan analisis pasar. Di masa kini bisnis handmade masih banyak diminati dan ini menjadi salah satu usaha yang sudah sejak lama ada. Namun dengan berbagai inovasi yang dilakukan, usaha ini kembali dilirik.

Selain itu bisnis handmade ini banyak rupanya, dan ia dikenal dengan usaha yang hanya memerlukan modal relatif rendah.

4. Bisnis Rumahan

Bisnis modal murah selanjutnya adalah bisnis rumahan yang terbukti ramah soal modal, serta dapat dilakukan oleh siapa saja. Bahkan bisnis ini pun banyak dipilih oleh kalangan ibu rumah tangga. Soal keuntungan, kembali lagi pada pengelolaan yang dilakukan masing-masing. Tentu keuntungannya dapat mengganti modal usaha awal, bahkan bisa sangat lebih.

5. Bisnis Online

Terakhir, bisnis online juga sangat tepat jika kamu pilih. Berbagai kalangan pebisnis kian menggandrungi ide usaha ini. Alasannya tentu karena modal yang digunakan sangat murah dan ia dapat dikelola dengan mudah di mana saja.

Tak hanya dijadikan sebagai usaha sampingan, bisnis online juga banyak dijadikan sebagai pendapatan utama oleh orang-orang. Hal ini memberikan gambaran bahwa bisnis tersebut memiliki peluang menarik soal keuntungan.

Dari kelima ide bisnis modal murah di atas, dapat kamu jadikan referensi terbaik untuk memulai usaha sesuai dengan yang diinginkan. (yuli)