Bang Rusman – Banyak hal bermanfaat di dunia ini yang bisa kita pelajari, termasuk mengenai ilmu pengetahuan. Sebuah pembelajaran pun sejatinya perlu dipahami dan diingat. Namun setiap manusia memiliki kemampuan berpikir dan menyimpan ingatan secara berbeda. Untuk itu kita pasti membutuhkan cara belajar efektif agar berbagai materi mudah diingat dan dipahami.

Karena beberapa faktor tertentu, bisa saja menjadi penyebab kamu sulit memahami serta mengingat suatu pembelajaran dengan baik. Akan tetapi dengan strategi, taktik, atau manajemen belajar yang baik, semua mungkin saja terjadi. Apalagi kini terdapat beberapa cara yang efektif untuk memudahkanmu mengingat suatu materi yang diterima.

Cara Belajar Efektif yang Mudah Diingat dan Dipahami

1. Cara Belajar Efektif Dimulai Menyusun Target Belajar

Strategi untuk mempemudah kamu dalam memahami dan mengingat sebuah pembelajaran, yang pertama adalah membuat target belajar yang tersusun. Yang pertama kamu harus menyadari apa tujuan utama mempelajari suatu materi tersebut, apakah untuk menghadapi tes atau lainnya. 

Jika tujuannya pasti, maka motivasi untuk belajar bisa terus tertanam. Selain itu, membuat target bisa juga dilakukan dengan cara mengatur jadwal belajar. Dengan proses pembelajaran yang dilakukan secara berkala, akan membantumu lebih mudah memahami dan menghafal materi karena adanya pengulangan.

2. Belajar di Tempat yang Disukai dan Nyaman

Selanjutnya, kamu bisa menyiasati cara belajarmu dengan mencari tempat yang disukai dan nyaman. Nyaman di sini dalam artian memiliki suasana yang mendukung atau khidmat, bukan di tempat yang bising. Lalu pilih juga tempat yang bersih dan rapi. 

Ini sebagai usaha untuk menjauhi sumber gangguan yang bisa membuyarkan fokus belajarmu. Dan jika fokus tetap terjaga, maka konsentrasi dalam belajar pun akan stabil. Dengan begini, kamu bisa lebih mudah menyimpan materi yang disampaikan dalam memori.

3. Memahami Topik Materi

Cara belajar efektif berikutnya adalah dengan teknik memahami topik materi yang disampaikan. Sekeras apapun usahamu untuk menghafal suatu pembelajaran, apabila materinya tidak dipahami dengan baik, maka akan sulit untuk mengingatnya. Cara untuk memahami pun tergantung pada konsentrasimu. 

4. Buat Latihan Soal dan Tes Diri

Agar lebih efektif lagi, setelah proses pembelajaran kamu bisa membuat latihan soal berdasarkan materi terkait. Dengan begini proses belajarmu dikatakan lebih aktif pula, karena ketika membuat latihan soal dan menjawabnya, materi akan terus diingat secara berulang.

5. Membuat Ringkasan Materi

Bukan itu saja, strategi paling ampuh lainnya dalam belajar adalah dengan cara membuat ringkasan materi. Kamu bisa menuliskan materi-materi yang penting untuk diingat secara singkat dan jelas. Terkadang kesulitan dalam memahami sebuah pembelajaran bisa disebabkan oleh tulisan materi yang terlampau banyak serta tak berurutan.

Maka cara belajar efektif bisa dilakukan dengan cara membuat ringkasan, poin-poin penting, atau mengelompokkan materi.

6. Berdiskusi dengan Teman

Berdiskusi dengan teman terkait suatu pembelajaran juga merupakan teknik tepat agar kamu semakin mudah memahami sebuah materi. Apalagi ketika ingin menghafal, kamu bisa meminta bantuan teman untuk melakukan tes padamu.

7. Gunakan Teknik Visualisasi

Teknik lain yang banyak digunakan juga disenangi oleh banyak orang ketika ingin memahami suatu pembelajaran, yaitu menyertakan visualisasi di dalamnya. Misalnya materi pembelajaran yang dilengkapi gambar atau warna tertentu. Atau bisa pula menggunakan gerakan tubuh ketika menghafal. Sehingga lebih memudahkan kita untuk mengingat kembali materi tersebut.

Dari pembahasan ini, kini kamu dapat mengadopsinya sebagai strategi atau cara belajar efektif agar suatu materi mudah dipahami, dihafal, dan diingat kembali. (yuli)