Bang Rusman – Saat ini, banyak kepentingan yang mengharuskan terjalinnya hubungan baik antar negara, maupun antara individu dengan suatu negara tertentu. Sehingga ini hal ini bisa menjadi alasan mengapa orang-orang masa kini dituntut memahami bahasa asing atau multilingual. 

Lebih dari itu, sebetulnya kemampuan seseorang yang pandai berbahasa asing akan sangat diapresiasi. Begitu pula dalam lapangan kerja, selalu banyak yang membutuhkan SDM seperti ini. Maka lebih luasnya, berikut ini kamu bisa mengetahui apa saja manfaat mempelajari bahasa asing.

Manfaat Menguasai dan Memahami Bahasa Asing 

1. Meningkatkan Kreativitas dan Melatih Otak

Mempelajari bahasa asing dapat mulai dilakukan sejak kita mengenyam bangku sekolah, di mana pada masa-masa ini motivasi belajar dan keinginan memahami sesuatu yang baru, cukup besar. Apalagi proses memahami akan lebih efektif. 

Fokus menambah wawasan berbahasa asing setidaknya dapat meningkatkan kreativitas seorang pelajar dan melatih otak untuk menerima masukan baru lebih mudah. Namun sebetulnya kapanpun kamu memulai belajar bahasa asing, tidaklah terlambat.

2. Mengasah dan Upgrade skill

Bukan hanya untuk kepentingan akademik, belajar bahasa asing juga berguna ketika kamu akan mencari pekerjaan. Belajar bahasa asing tertentu secara rutin dapat membantu mengasah kemampuan serta upgrade soft skill. Dengan begini kedepannya kamu dapat diperhitungkan sebagai kandidat tenaga kerja yang memiliki daya saing kuat.

3. Menambah Nilai Plus pada CV

Ketika menyusun CV untuk melamar pekerjaan kita harus merepresentasikan diri sebaik mungkin. Ketika memiliki pemahaman akan bahasa asing, maka ini dapat dicantumkan dalam uraian CV dan menjadi nilai lebih bagi kamu.

4. Memperluas Peluang dan Jaringan Kerja

Tidak ada kesia-siaan ketika seseorang menambah wawasan pengetahuannya, termasuk ketika ia memahami bahasa asing. Seolah sudah menjadi rahasia umum, kamu pun pasti mengetahui bahwa skill berbahasa asing dapat membawa manfaat untuk memperluas jaringan kerja serta memberikan peluang kerja lebih mudah.

5. Mempermudah Kesempatan Kuliah di Luar Negeri

Ada banyak bahasa asing yang bisa kamu pilih untuk dipelajari dengan tekun, misalnya bahasa Inggris, Jerman, Jepang, atau yang lainnya. 

Meskipun bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang banyak dipelajari secara global, namun mempelajari bahasa lainnya pun sama-sama bermanfaat. Contoh lebih luasnya, pemahamanmu akan bahasa asing bisa mempermudah keinginanmu untuk berkuliah di luar negeri.

6. Menambah Wawasan Budaya

Mempelajari bahasa negara luar pun dapat memberikan manfaat lain, yaitu untuk menambah wawasanmu terhadap suatu budaya di negara yang bersangkutan. Misalnya, kamu memiliki ketertarikan memahami bahasa Korea dan mulai mempelajarinya, maka ini termasuk sebagai usaha memperkaya wawasan berbudaya lebih luas.

7. Menambah Kepercayaan Diri

Hal lainnya, memahami bahasa asing bisa membuatmu menambah rasa percaya diri yang lebih baik. Apalagi ketika kamu berada dalam circle pertemanan yang terdapat orang asing, atau pekerjaan yang menuntut kerjasama asing, maka skill multilingual ini dapat membuatmu lebih PD.

8. Memperkuat Daya Ingat

Lalu, gunanya belajar bahasa asing juga bisa membantu memperkuat daya ingat seseorang karena pada dasarnya otak dilatih untuk terus fokus dalam menerapkan dan mengingat suatu pembelajaran bahasa tersebut.

Bahkan lebih luas lagi, dalam segi kesehatan pun proses ini memiliki andil yang positif. Di mana ia dianggap sebagai upaya terapi mencegah demensia atau penurunan daya ingat serta cara berpikir.

Berdasarkan 8 manfaat memahami bahasa asing di atas, kini kamu mengetahui seberapa pentingnya kemampuan tersebut dan bisa mulai upgrade diri dari sekarang. (yuli)