Manajemen pendidikan merupakan salah satu cabang dari ilmu pendidikan dengan usia yang cukup muda. Hal ini memang tidaklah aneh jika terjadi, karena banyak sekali orang yang belum memahaminya. Sementara untuk istilah nama yang sering digunakan memang adalah administrasi.

Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia, disebutkan bahwa manajemen pendidikan berasal dari kata ‘administratie’ yang artinya adalah tata usaha.

Nah, dalam pengertian manajemen tersebut dikatakan bahwa administrasi menunjuk pada pekerjaan tulis menulis yang ada di kantor. Pengertian inilah yang menyebabkan banyaknya keluhan atas keterlambatan pihak manajemennya. Hal ini dikarenakan manajemen dibatasi lingkupnya sebagai sebuah pekerjaan tulis menulis saja.

Pengertian dari manajemen ini juga berasal dari kata ‘manajemen’. Dimana kata inilah yang berasal dari bahasa Inggris yakni ‘administration’ sebagai ‘the management of executive affairs’. Dengan adanya batasan pengertian ini, maka akan dijelaskan bahwa manajemen pun biasanya akan disinonimkan sebagai ‘management’.

Perlu kamu ketahui juga bahwa manajemen bukan hanya sebatas pengaturan yang terkait pekerjaan tulis menulis saja, melainkan juga pengaturan dalam artian yang lebih luas.

Pengertian Manajemen Pendidikan
Salah satu istilah yang digunakan dalam menunjukkan pekerjaan pelayanan kegiatan ini adalah manajemennya, sistem pengolahannya, hingga pengaturan. Berikut ini ada beberapa pengertian manajemen yang didasarkan pada manfaat yang akan kamu dapatkan.

  • Menurut Leonard D White, dikatakan bahwa manajemen pendidikan merupakan sebuah proses yang sudah banyak kelompok belajar mengikutinya. Nah, kelompok yang dimaksud meliputi beberapa aspek, baik yang bergerak di bidang usaha negara, pemerintah maupun swasta, pilih atau militer secara kecil atau besar-besaran.
  • Menurut The Liang Gie, manajemen disini memiliki arti sebagai segenap proses dimana diselenggarakannya hubungan kerjasama untuk bisa mencapai tujuan tertentu.
  • Menurut Sondang Palan Siagian, manajemen merupakan keseluruhan dari proses kerjasama yang dilakukan antara dua orang atau lebih denga didasari dengan tujuan yang sudah kamu tentukan sebelumnya.
  • Menurut Pariata Westra, pendidikan manajemen merupakan sebuah rangkaian pendidikan yang dilakukan atas penyelenggaraan dalam setiap kerjasama yang dilakukan. Hal ini pun dilakukan oleh sekelompok manusia guna untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Dalam kurikulum 1975 yang disebutkan dalam Buku Pedoman Pelaksanaan Kurikulum IIID, yakni baik yang sekolah dasar, SMP maupun SMA menyatakan bahwa manajemen merupakan segala usaha bersama yang akan digunakan untuk mendayagunakan semua sumber secara lebih efektif dan efisien.

Dari semua pengertian manajemen pendidikan yang terakhir, maka secara eksplisit yang disebutkan bahwa manajemen sebagaimana yang telah digunakan dalam kurikulum 1975 dan kelanjutannya untuk kemudian diarahkan pada tujuan pendidikan.

Untuk pengertian yang jauh lebih luas lagi, maka pengertian dari manajemen ini masih bisa diartikan untuk semua jenis kegiatan.

Ada 3 unsur penting dalam pengertian dari manajemen ini, diantaranya adalah usaha dan kerjasama, dilakukan oleh dua orang atau lebih, dan terakhir adalah bagaimana cara untuk mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Tiga unsur ini menunjukkan bahwa manajemen terjadi dalam sebuah organisasi, dan bukan pada pekerja tunggal yang mana dilakukan oleh seorang individu saja.

Jika ditinjau lagi, maka definisi dari manajemen pendidikan merupakan sebuah rangkaian dari segala kegiatan yang nantinya akan merujuk pada usaha kerjasama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan pendidikan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai apa itu manajemen pendidikan. semoga penjelasan diatas bermanfaat untuk kamu, dan selamat mencobanya! (Yuli)