Nilai moral penting sekali dimiliki setiap individu agar tercipta kehidupan yang harmonis di lingkungan tempat tinggalnya sendiri. Umumnya, nilai moral ini merupakan gambaran yang bersifat objektif, dimana memiliki nilai positif yang dilakukan oleh seorang individu terhadap lingkungan masyarakat. 

Untuk lebih jelasnya terkait ulasan mengenai nilai moral ini, maka kamu bisa simak informasi mengenai arti serta macam-macamnya berikut ini. 

Apa Itu Nilai Moral Menurut Para Ahli? 

Menurut beberapa para ahli, nilai moral memiliki arti sebagai berikut: 

  • Menurut Driyarkara, nilai moral merupakan suatu nilai yang diilhami oleh seluruh anggota masyarakat yang digunakan untuk mengatur pola tingkah laku di dalam lingkungan masyarakat itu sendiri.
  • Hurlock juga menyatakan bahwa nilai moral merupakan suatu perilaku yang sesuai dengan kode moral masyarakat di lingkungan tersebut.
  • Kemudian, menurut Sonny Keraf, nilai moral adalah suatu tolak ukur yang digunakan sebagai pengukur kadar baik maupun buruk dari tindakan yang dilakukan oleh manusia di lingkungannya sendiri.
  • Lalu ada Zainuddin Saifullah Nainggolan, menyatakan bahwa nilai moral merupakan tendensi rohani untuk melakukan seperangkat standar serta norma, dimana tugasnya adalah untuk mengatur tingkah laku seseorang atau masyarakat.
  • Menurut Dian Ibung, nilai moral adalah suatu nilai yang telah berlaku di suatu lingkungan sosial tertentu dan bertujuan untuk mengatur tingkah laku masyarakatnya.
  • Terakhir, menurut Maria Assumpta, nilai moral memiliki arti suatu aturan yang berkenaan dengan sikap dan perilaku manusia sebagai makhluk sosial di suatu lingkungan tertentu.

Dari beberapa pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa nilai moral merupakan  suatu nilai yang bisa digunakan oleh setiap individu dalam kehidupan sosial bermasyarakat di suatu lingkungan tertentu. Tentunya, nilai moral sangat penting untuk digunakan agar bisa menciptakan lingkungan yang aman, damai, serta saling tolong menolong.

Apa Saja Macam-macam dari Nilai Moral?

Nilai moral memiliki banyak sekali macamnya yang terdapat dalam lingkungan masyarakat, diantaranya:

  • Sikap Religius

Macam-macam nilai moral yang pertama adalah memiliki sikap religius yang wajib dimiliki oleh setiap penganut ajaran agama. 

  • Sikap Jujur dan Disiplin

Sikap jujur merupakan nilai moral yang mesti dimiliki oleh setiap individu, agar dapat memiliki kepercayaan, baik dalam perkataan maupun perbuatan. 

Selain itu, kamu juga mesti memiliki sikap disiplin agar selalu tertib terhadap aturan berlaku. Disiplin juga dapat diartikan sebagai suatu sikap, dimana kamu selalu mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tepat waktu.

  • Sikap Toleransi

Di dalam lingkungan masyarakat, kamu mesti memiliki sikap toleransi yang selalu menghargai setiap perbedaan. Baik itu perbedaan terkait agama, ras, etnis, suku, serta tindakan yang dilakukan oleh orang di lingkup sosial.

  • Sikap Mandiri dan Kreatif

Nilai moral lainnya adalah kamu mesti memiliki sikap mandiri serta kreatif agar tidak terlalu bergantung kepada orang lain, dan memiliki ide untuk menciptakan hal-hal baru.

  • Rasa Peduli Terhadap Lingkungan

Nilai moral ini perlu dimiliki oleh setiap masyarakat agar mampu menjaga lingkungan di daerahnya masing-masing. Dengan memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan ini, maka tidak akan ada lingkungan yang rusak, serta berupaya untuk bisa memperbaikinya menjadi lebih baik.

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian nilai moral dan macam-macamnya yang bisa kamu ketahui. Tentunya, nilai-nilai moral ini bisa kamu dapatkan dari banyak hal, seperti menonton film, melihat tingkah laku seseorang, serta timbul dari rasa empati atau simpati dalam diri masing-masing. (yuli)