Dalam kehidupan bermasyarakat, seringkali dijumpai kata politik, tapi sepertinya masih banyak yang belum tahu pasti apa arti istilah tersebut. Politik sebenarnya mengacu pada bagaimana pemerintah membuat aturan atau cara negara diatur. Meskipun begitu, politik juga bisa mengarah pada konsep lain seperti sekolah, perusahaan, atau organisasi. Ingin tahu lebih lengkap tentang politik? Berikut ulasan selengkapnya

Pengertian Politik

Secara etimologis, politik berasal dari bahasa Yunani “polis” yang artinya kota berstatus negara kota. Sedangkan menurut KBBI, politik adalah pengetahuan tentang ketatanegaraan. Politik juga bisa didefinisikan sebagai segala urusan yang menyangkut pemerintahan negara pada negara lain.

Politik Menurut Para Ahli

Audrey Heywood

Pandangan Audrey Heywood tentang politik mengacu pada kegiatan bangsa dalam rangka membuat, mempertahankan, sekaligus mengamandemen segala peraturan umum yang mengatur kehidupan bangsa tersebut. Artinya, berpolitik tidak bisa dipisahkan dengan konflik atau kerjasama.

Gabriel A. Almond

Politik menurut Gabriel adalah kegiatan yang berkaitan dengan pengendalian pembuatan keputusan publik dalam ranah masyarakat tertentu dan wilayah tertentu. Kegiatan pengendalian tersebut dibantu beberapa instrument yang bersifat otoritatif dan koersif.

Teori Klasik Aristoteles

Beda lagi dengan teori klasik milik Aristoteles. Politik adalah segala usaha yang ditempuh masyarakat dalam hal ini warga negara dalam rangka mewujudkan kebaikan bersama. Membangun kehidupan yang diinginkan seluruh masyarakat.

Miriam Budiarjo

Miriam Budiarjo berpendapat politik merupakan macam-macam kegiatan yang dilakukan di sebuah negara. Termasuk di dalamnya adalah proses penentuan tujuan dari sistem tersebut untuk melaksanakan tujuan yang ditetapkan.

Ramlan Surbakti

Politik menurut Ramlan Subakti adalah suatu interaksi yang terjalin antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya pembuatan serta pelaksanaan keputusan. Sifat keputusan tersebut adalah mengikat untuk kebaikan bersama seluruh masyarakat.

Konsep Politik

Klasik

Konsep politik menurut pandangan klasik mengacu pada keberadaaanya yang dipergunakan masyarakat untuk mencapai kebaikan bersama. Namun, politik pandangan klasik makin dianggap kabur seiring makin banyaknya penafsiran lain.

Kelembagaan

Konsep politik kelembagaan ini pertama kali diungkapkan oleh Max Weber yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan penyelenggaraan negara. Dari segi yuridis dan statis, negara punya hak untuk memonopol kekuasaan fisik. Namun konsep politik seperti ini nyatanya hanya berlaku pada negara modern.

Kekuasaan

Konsep ini diutarakan oleh Robson, politik merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mempertahankan kekuasaan. Konsep ini punya kelemahan yaitu tidak bisa dibedakannya antara konsep aspek politik dan non politik.

Fungsionalisme

David Easton dan Harold Lasswell adalah tokoh yang mengemukakan konsep politik fungsionalisme ini. Konsep politik fungsionalisme ini punya kelemahan yaitu penempatan pemerintah sebagai sarana dan wasit dalam persaingan beberapa kekuatan politik untuk mendapatkan nilai-nilai terbanyak.

Konflik

Konsep ini mengacu pada dipergunakannya politik sebagai kegiatan untuk mempengaruhi segala perumusan dan kebijaksanaan umum. Tujuannya adalah dalam rangka mempengaruhi, mendapatkan serta mempertahankan nilai. Kelemahan konsep ini adalah tidak semua konflik itu berdimensi politik.

Tentang Ilmu Politik

Bicara tentang ilmu politik mungkin masih banyak yang belum paham. Jadi, ilmu politik adalah suatu ilmu yang mengkaji konsep penentuan tujuan politik. Termasuk cara mencapai tujuan tersebut hingga segala konsekuensinya. Dalam ilmu politik akan mempelajari aspek teoritis dan praktis.

Kalau dulu, ilmu politik masih dianggap cabang dari ilmu filsafat. Namun sekarang ilmu politik sudah masuk ilmu sosial. Cabang ilmu politik cukup banyak, seperti filsafat politik, ekonomi politik, serta sejarah pemerintahan. Cabang ilmu politik yang lain juga memiliki karakter campuran seperti administrasi publik, komunikasi politik, serta proses konflik.

Itu dia tadi informasi singkat tentang pengertian dan konsep politik. Sekarang paling tidak sudah punya gambaran bukan, jika mendengar istilah tersebut?