Bang Rusman –  Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kaltim memiliki 11 program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) yang akan dibahas pada 2023.

Ketua Bapemperda DPRD Kaltim, Rusman Ya’qub mengungkapkan, pihaknya optimistis 11 propemperda itu bisa selesai dan segera menjadi payung hukum di Benua Etam. Sebelas propemperda itu juga sudah disepakati seluruh anggota DPRD Kaltim.

“Nanti saat pelaksanaan bisa dibahas oleh panitia khusus (pansus) atau dibahas komisi yang membidangi,” ungkap Rusman.

Kendati demikian, pihaknya menargetkan 4 rancangan peraturan daerah (raperda) terlebih dahulu yang dibahas. Target pembahasan itu akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Kami dalam masa sidang pertama ini bakal bahas 4 raperda dulu. Jadi ada pembagiannya dalam masing-masing sidang,” lanjutnya.

Setelah itu, Bapemperda Kaltim akan membahas 4 propemperda lainnya pada masa sidang kedua. Lanjut ke masa sidang ketiga untuk membahas sisa propemperda lainnya.

“Masing-masing masa sidang dengan target yang ada wajib merampungkan beberapa propemperda,” tandasnya.

Sebelumnya, ada 4 raperda inisiatif yang disampaikan DPRD Kaltim pada rapat paripurna ke-3 dan 4, Senin (16/1/2023). Di antaranya ada Pengutamaan Bahasa Indonesia dan Perlindungan Bahasa dan Sastra Daerah, Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Lalu ada 2 ranperda inisiatif yang masuk ke propemperda yakni Pengelola Keuangan Daerah dan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Sumber kaltimtoday.co