Di masa pandemi ini, tentu seorang pengajar harus kreatif dalam memberikan inovasi terkait pembelajaran yang akan dilakukan. Saat semuanya dilakukan serba digital, maka materi yang diberikan pun tentu sedikit berbeda medianya dibandingkan dengan pembelajaran offline. 

Beberapa inovasi pendidikan yang dilakukan di Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Pendidikan Berbasis Kompetensi

Inovasi pendidikan berbasis kompetensi ini merupakan suatu pembelajaran yang diukur dari penguasaan materi oleh siswa, bukan seberapa lama waktu yang dihabiskan untuk belajar. Inovasi ini menjadi suatu perubahan besar di dalam budaya sekolah, sehingga siswa bisa mengatasi segala kekurangan yang ada di model pendidikan sebelumnya.

Pendidikan dengan basis kompetensi ini akan dilaksanakan pada tingkatan yang lebih dalam di setiap sekolah yang ada di setiap kabupaten. Kebijakan ini akan terus berlangsung agar setiap sekolah mampu melaksanakan pendidikan dengan basis ini, sehingga para siswa dapat mengembangkan kompetensinya dengan baik.

  • Flipped Classroom atau Pembelajaran Terbalik

Pembelajaran ini merupakan suatu jenis pembelajaran campuran, dimana siswa akan mendapatkan materi dari rumah, lalu mengerjakan latihan di sekolah. Hal ini merupakan suatu praktik yang dilakukan berbanding balik dengan praktik umum, seperti memperkenalkan suatu konten baru di sekolah, lalu menugaskannya agar bisa dikerjakan dari rumah.

Biasanya, pembelajaran terbaik dilakukan dengan tatap muka dan bantuan teknologi. Jadi, para siswa dapat belajar dengan cara menonton video dari rumah. Lalu, datang ke sekolah dengan membawa pertanyaan serta ilmu pengetahuan yang telah didapatkan dari video tersebut.

  • E-Learning

E-learning merupakan suatu inovasi pendidikan yang dilakukan secara online menggunakan media elektronik. Dalam metode pembelajarannya sendiri, para siswa akan diminta untuk mengakses suatu website tertentu, untuk mendapatkan materi dan latihan soal.

Tak hanya itu, e-learning banyak dilakukan pula dalam metode video call. Jadi, para siswa akan belajar sambil tatap muka secara online. Lalu, pengajar akan menjelaskan materi, lalu berdiskusi terkait materi yang sudah dijelaskan tersebut. 

  • Buku Digital atau Digital Book

Buku digital seringkali disebut sebagai e-book, dimana menawarkan buku berbasis digital yang bisa diakses oleh perangkat elektronik. Harga untuk buku digital biasanya lebih murah, daripada buku versi cetaknya. 

Digital book akan kamu dapatkan saat mendapatkan pembelajaran secara online. Sebab, semua akses buku saat belajar online cenderung kepada ebook, sehingga membuat setiap siswa akan memiliki buku-buku yang bisa diakses secara online. 

Meskipun begitu, buku yang dicetak dalam bentuk kertas tetap memiliki peminat yang banyak dan mudah untuk digunakan. Terlebih lagi, kamu tidak perlu mencari buku-buku dengan sulit saat ingin menandainya. Hal ini tentu berbeda dengan buku digital yang tidak bisa ditandai bagian pentingnya dan mudah terhapus jika disimpan dalam suatu perangkat telepon.

  • Kurikulum Terbuka

Kurikulum terbuka sebenarnya merupakan inovasi pendidikan baru yang belum terlalu meluas. Biasanya, kurikulum ini berlaku di tingkatan pendidikan yang lebih tinggi, seperti universitas. 

Beberapa poin penting yang ada dalam kurikulum terbuka adalah tidak ada atau hanya sedikit persyaratan terkait mata kuliah atau pembelajaran yang dapat diambil. Lalu, tidak ada syarat distribusi, serta tidak ada syarat untuk memiliki jurusan.

Itulah informasi yang bisa kamu ketahui terkait contoh inovasi pendidikan yang berlaku di Indonesia saat ini. Setiap inovasi tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, jadi inovasi mana yang berlaku di sekolah atau perguruan tinggi kamu sekarang?