Anak-anak berkebutuhan khusus membutuhkan pengajaran yang berbeda dengan anak pada umumnya. Mereka harus sering diperhatikan dan sabar dalam mengajarinya, terutama saat belajar online dari rumah. Bagi para orangtua selaku orang yang akan membimbing anak belajar dari rumah, Anda harus mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut:

Siapkan Ruangan Senyaman Mungkin

Apabila seorang guru akan datang ke rumah untuk mengajari anak belajar, pastikan Anda sudah menyiapkan ruangan yang besar, nyaman, dan tidak ada barang tajam atau berbahaya satupun. Buatlah suasana ruangan yang aman dan nyaman, sehingga anak bisa mulai belajar bersama guru yang telah datang ke rumah.

Saat mengajarinya belajar, pastikan bahwa seorang guru selalu aktif memperhatikan gerak gerik anak. Terkadang, anak berkebutuhan khusus selalu menjadi aktif tiba-tiba, sehingga kamu harus waspada dengan apa yang akan terjadi.

Namun, jika posisi yang mengajarinya adalah orang tua, maka Anda bisa mengajari anak belajar cukup diatas kasur atau alas yang aman. Tidak perlu terlalu fokus terhadap materi yang akan diajarkan. Yang penting anak nyaman saat belajar bersama Anda, lalu ada hal yang dia mengerti walaupun hanya sedikit-sedikit saja.

Berbicara dengan Jelas, Lembut, serta Baik dalam Kondisi Apapun

Ingatlah bahwa disini Anda akan mengajari anak berkebutuhan khusus untuk belajar, sehingga tutur kata yang lembut, jelas, dan baik perlu digunakan dengan baik. Jangan sampai Anda mudah emosi dan menyebarkan suasana negatif di sekitarnya. Sebab, hal itu hanya akan membuat anak menjadi rewel dan terganggu proses belajarnya.

Pastikan bahwa anak dapat mengikuti pelajaran sampai akhir dengan baik. Jangan biarkan mereka kehilangan kendali atau tiba-tiba panik saat berada di tengah pelajaran. Oleh karena itu, kamu mesti membuat mereka nyaman, lalu memiliki metode atau strategi belajar yang efisien dan cocok untuk anak penyandang berkebutuhan khusus.

Gunakan Metode Belajar yang Efisien

Seorang guru yang akan mengajar ke rumah anak berkebutuhan khusus, pastikan selalu menggunakan metode belajar yang efisien. Anda bisa menggunakan audio visual yang akan membuat anak dapat memahami materi pelajaran dengan baik.

Anda juga mesti menjelaskan materi dengan kreatif dan penuh inovasi agar anak nyaman dan senang belajar bersama Anda. Hal ini tentu saja tidak dilakukan oleh guru semata, para orangtua selaku pembimbing dari rumah pun harus ikut serta membantu.

Ketika proses belajar hanya dilakukan dengan cara bertatapan muka via online, maka saatnya peran orangtua ikut andil dalam proses belajar anak-anak. Pastikan Anda memberikan pemahaman dengan bahasa yang mudah dimengerti, atau menggambarkannya dalam suatu audio visual.

Jika anak sudah mampu memperhatikan pembelajaran dengan seksama, maka mereka akan mudah untuk memahami setiap materi yang diajarkan. Meskipun mereka memiliki kekurangan, tetapi kebanyakan dari anak berkebutuhan khusus memiliki kelebihan yang luar biasa.

Kelebihan tersebut dapat ditemukan dari potensi atau bakat yang mulai timbul dari waktu ke waktu. Ketika bakat tersebut sudah mulai timbul, maka orangtua harus lebih memperhatikan dan menyalurkan bakat mereka dengan baik. Sehingga, anak akan menjadi seseorang yang berbakat dan memperoleh banyak penghargaan nantinya.

Itulah informasi mengenai cara mudah mengajar anak berkebutuhan khusus bagi para orang tua dan guru di masa pandemi. Jika Anda seorang guru yang akan mengunjungi anak-anak ke rumahnya masing-masing, maka Anda harus selalu menjaga protokol kesehatan dengan baik, ya. (yuli)