Drama Korea hingga kini masih menjadi sebuah tontonan yang sangat digandrungi oleh banyak sekali orang. Tidak hanya dari kalangan remaja saja, demam drama Korea ini juga telah menjangkiti kalangan dewasanya.

Salah satu alasan mengapa drama Korea sangat banyak diminati adalah karena drama Korea ini mampu memberikan suguhan alur cerita yang cukup menarik dalam berbagai genre. Salah satu tema yang sering dibahas adalah tentang politik.

Meski memiliki tema yang serius, namun sering kali tema yang digunakan tetap bisa menarik perhatian penonton dikarenakan memiliki keberanian untuk menceritakan sisi buruk dan negative dari dunia politik. Berikut ini 3 rekomendasi drama Korea yang memiliki tema politik dan wajib Anda tonton.

1. Designated Survivor: 60 Days

Drama remake yang berasal dari serial US Netflix berjudul Designated Survivor ini menceritakan tentang Park Mu Jin yang diperankan oleh Ji Jin Hee dalam menjadi seorang Menteri Lingkungan Hidup yang ditunjuk menjadi seorang presiden selama 60 hari untuk menggantikan presiden sebelumnya.

Proses pergantian ini dilakukan karena presiden sebelumnya telah tewas dalam insiden pengeboman yang terjadi di Majelis Nasional Korea Selatan. Dengan menjadi presiden darurat, Park Mu Jin ini didorong untuk melakukan pembalasan karena diyakini bahwa insiden yang terjadi tersebut merupakan aksi terror dari Korea Utara.

Selama masa darurat tersebut, gejolak politik yang terjadi di Korea Selatan pun menjadi semakin memanas. Beragam intrik pun menjadi penghalang bagi Park Mu Jin untuk mengungkap insiden pengeboman yang terjadi di Majelis Nasional Korea Selatan tersebut sehingga membuat film Designated Survivor: 60 Days ini menjadi semakin menarik untuk ditonton.

2. Stranger

Film Stranger atau yang sering disebut dengan Secret Forest ini menampilkan cerita tentang seorang jaksa yang bernama Hwang Shi Mok dan diperankan oleh Cho Seung Moo ini tidak dapat merasakan emosi apapun pada dirinya.

Ketika Hwang masih kecil, Hwang Shi Mok ini pun harus melakukan operasi otak dikarenakan memiliki sensitivitas luar biasa terhadap suara, sehingga hal tersebut pun membuat Hwang merasa sangat kesakitan.

Ketika sedang menangani sebuah kasus pembunuhan, Hwang pun bertemu dengan seorang detektif bernama Han Yeo Jin di TKP yang memiliki karakter humoris dan ekspresif. Karakter dari Hwang Shi Mok ini diperankan oleh Bae Do Na.

Pertemuan dari kedua orang tersebut pun membuatnya terjebak di dalam misteri dan korupsi yang sangat mengakar di kalangan pejabat public. Mereka pun akhirnya bersama-sama berusaha untuk memberantas korupsi sekaligus memecahkan kasus pembunuhan berantai tersebut.

3. Chief of Staff

Rekomendasi drama Korea bergenre politik yang wajib Anda tonton adalah Chief of Staff. Drama ini menceritakan tentang pertaruhan berbahaya yang dilakukan oleh para politius Negara yang mengendalikan Korea Selatan.

Drama ini juga mengisahkan tentang seorang detektif yang merupakan lulusan dari Universitas Kepolisian Nasional Korea bernama Jang Tae Joon yang diperankan oleh Lee Jung Jae. Drama ini dimulai dari Jang Tae Joon yang memiliki ambisi untuk meraih kekuasaan lebih tinggi sekaligus memutuskan untuk bekerja di Majelis Nasional.

Jang Tae Joon juga berhasil bekerja sebagai kepala staff penasihat ketua parlemen selama 4 kali masa jabatan berturut-turut. Dari drama ini Anda bisa melihat betapa sulitnya tugas dari seorang politikus dalam menjaga idealismenya.

Anda juga akan melihat para actor tersebut saling tikam untuk menjaga kehormatannya masing-masing, bukanlah demi rakyatnya. Malah, yang bekerja benar justru disingkirkan karena dianggap merugikan partai tersebut. Mekipun bertema politik, drama ini pun dipenuhi dengan bumbu romatisme serta komedi. (yuli)