Bang Rusman – Untuk mewujudkan pembentukan karakter bangsa yang berjiwa nasionalisme, DPRD Provinsi Kalimantan Timur minta jalur pendidikan untuk diperkuat .

“jadi saya kira jalur pendidikan itu harus diperkuat ini penting agar terwujud pembentukan karakter bangsa yang berjiwa nasionalisme”, Tegas Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim Rusman Ya’qub kepada RRI Sabtu (9/7/2022) di Samarinda saat dihubungi via telepon .

Rusman minta agar mata pelajaran atau mata kuliah Pancasila dan kewarganegaan dapat selalu ada di pendidikan anak-anaka bangsa Indoesia.

Sebab menurutnya, nasionalisme dan rasa kebangsaan di Indonesia berakar pada sejarah, bukan pada kekuasaan atau hegemoni ideologi.

Ciri khas pandangan hidup atau falsafah hidupnya berbeda dengan bangsa lain, karena diangkat dari nilai-nilai kultural melalui sebuah kerja kreatif dan filosofis pendiri bangsa.

“saya minta pendidikan Pancasila tetap ada di dalam kurikulum pendidikan Indonesia sampai kapanpun jangan dihilangkan atau dikaburkan”, terang Rusman.

Selain itu Ia juga minta para elit untuk dapat memberikan contoh pengamalam Pancasila melalui kebijakan yang dibuat berlandaskan 4 pilar salah satunya Pancasila .

“nah kepada para elit juga harus menjadi contoh pengamalan dari nilai-nilai Pancasila ini sakah satunya dari kebijakan yang diambil”, tandas Pria kelahiran Sulawesi Selatan ini.

Alasan inilah terang Rusman Ya’qub yang dijadikan dasar mengapa pendidikan Pancasila diperlukan sebagai dasar pembentukan karakter bangsa karena Pancasila merupakan realisasi filosofis asli bangsa Indonesia.

Sumber rri.co.id