Di masa sekarang ini, bisnis kecil atau UKM memang banyak ditekuni masyarakat. Dengan kehadiran teknologi, pemasaran produk UKM memang banyak dilakukan melalui media online. Mungkin diantara Anda juga ada yang sekarang ini menjadi pelaku usaha bisnis? Tentunya, ingin semakin hari usahanya semakin berkembang, bukan?.

Bisnis apapun jika dikelola secara tepat akan tumbuh semakin besar, termasuk usaha kecil. Seperti halnya sebuah perusahaan besar, setiap pelaku usaha UKM juga harus punya manajemen rapi serta usaha maksimal agar bisnisnya bisa semakin pesat.

Cara Cepat Mengembangkan Bisnis UKM

Semua pemilik usaha tentu ingin bisnisnya bisa berkembang cepat, termasuk untuk para pelaku UKM. Ada cara-cara yang bisa diterapkan antara lain berikut ini.

  • Membuat Perencanaan Bisnis Matang

Memiliki perencanaan bisnis atau business plan, walaupun kelihatan sederhana ternyata memberikan peranan penting bagi manajemen bisnis. Adanya perencanaan bisnis, akan memastikan program kerja lebih terarah dan pemborosan biaya dapat dihindari.

Apabila sebuah usaha tidak punya bussines plan yang bagus sejak awal, maka akan sulit bagi karyawan ataupun semua orang di dalamnya untuk menentukan target. Hambatan akan terjadi dalam menentukan bagaimana kegiatan operasional, seperti apa tujuan, biaya apa yang harus dikeluarkan, serta peluang apa yang akan diraih pada periode selanjutnya.

  • Mempunyai Standar Operating Procedure

Standar Operating Procedure atau SOP diperlukan oleh sebuah bisnis UKM agar segala sesuatunya lebih rapi dan terstruktur hingga menjadi pola kebiasaan. Seperti halnya perusahaan waralaba, bisnis UKM harus juga mampu menciptakan sebuah standarisasi operasional kerja.

Tujuannya, agar kualitas produk tetap terjaga baik dan membiasakan para karyawan dalam memiliki panduan sistem kerja yang tertata rapi. Bagi pihak perusahaan, adanya SOP ini akan lebih memudahkan pengawasan. Selain itu, kinerja karyawan juga bisa ditingkatkan apabila memiliki standar operasional kerja.

  • Menentukan Segmen Pasar

Segmentasi pasar merupakan cara yang dilakukan para pelaku UKM untuk menentukan atau produk yang hendak dijual. Para pelaku usaha besar menggunakan cara ini untuk mempersiapkannya. Semua segmen pasar dapat diambil karena berbagai faktor, misalnya keterbatasan sumber daya atau peminatnya kurang.

Baik itu untuk sebuah produk maupun jasa, harus bisa menyasar segmen pasar tertentu manfaat dari produk tersebut akan bisa dirasakan konsumen secara maksimal. Pasar punya kebutuhan yang berbeda-beda. Dengan segmentasi pasar ini, akan memudahkan para pelaku UKM untuk fokus dan mengoptimalkan setiap produk yang ditawarkan.

  • Memaksimalkan Media Informasi Teknologi

Teknologi yang semakin pesat dan berkembang setiap waktu, harus bisa diikuti oleh para pemilik bisnis UKM. Alasannya, kehidupan manusia sekarang ini bisa dibilang tidak terlepas dari internet. Peran teknologi harus dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keuntungan.

Sosial media misalnya, harus dimanfaatkan sebagai wadah untuk mempromosikan produk secara masif. Membuat konten yang menarik dan berpotensi dilihat banyak orang, harus diusahakan. Membuat situs bisnis atau menawarkan di marketplace, juga menjadi keharusan bagi mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya dan dikenal luas di masyarakat.

Jadi, setiap bisnis UKM memang punya potensi semakin berkembang apabila membuat manajemen usaha dan perencanaan matang. Jika menjalankan bisnis tanpa punya tujuan dan arah yang jelas, maka keuntungan akan stagnan bahkan terus merosot karena tidak ada inovasi. Dengan poin penting di atas, kami harapkan bisnis apapun Anda geluti, akan semakin maju. (yuli)