Mengerjakan dan menyelesaikan skripsi sebagai tugas terakhir saat menempuh pendidikan kuliah memang tidak mudah bagi sebagian mahasiswa. Bukan hanya menguras tenaga dan waktu, dari segi mental pun cukup berisiko timbulkan perasaan stress. Hilangnya semangat dan ingin menyerah jadi hal yang bisa saja Anda rasakan, sehingga menghambat pengerjaan skripsi.

Bagi sebagian orang, mengerjakan skripsi terasa menyenangkan karena bisa jadi tantangan bagi diri untuk lebih konsisten dan mempelajari banyak hal baru. Namun tidak sedikit orang yang justru merasa tertekan dan berujung malas-malasan dalam menyelesaikannya.

5 Kegiatan yang Bantu Bikin Semangat Ngerjain Skripsi

Agar Anda lebih bersemangat mengerjakan skripsi dan menyelesaikan tepat waktu, lima kegiatan ini bisa diterapkan pada rutinitas selama mengerjakannya.

  • Beristirahatlah Bila Merasa Lelah

Ingin cepat menyelesaikan skripsi sering jadi alasan banyak mahasiswa mengabaikan waktu istirahat, begadang, hingga mengabaikan waktu makan. Membuat mahasiswa yang alami gangguan kesehatan dari tingkat rendah, sampai parah dan mengancam nyawa. Sangat disarankan untuk tidak mengabaikan atau mengenyampingkan kegiatan istirahat.

Usahakan tetap tidur pada jadwal yang semestinya dan tidak memforsir tubuh, maupun pikiran dan mental Anda. Istirahat yang cukup juga akan membantu membuat Anda jadi lebih bersemangat dengan kembalinya tenaga yang telah hilang akibat rasa lelah.

  • Buatlah Self Reward Ketika Berhasil Menyelesaikan Tiap Bagian

Skripsi yang Anda buat dengan penuh usaha dan perjuangan boleh sekali dilengkapi dengan self reward. Misalnya saat Anda memiliki target menulis 2 bab dalam sehari dan berhasil mencapainya, berikan self reward kepada diri Anda atas tercapainya target tersebut.

Bisa dengan membeli makanan kesukaan, membeli barang yang Anda inginkan, atau hal sederhana seperti kegiatan menonton seri atau film terbaru. Self reward ini jadi bentuk Anda menghargai kerja keras yang telah Anda lakukan.

  • Cari Tempat Nyaman untuk Mengerjakan Skripsi

Semangat menurun karena merasa suntuk dengan suasana di rumah atau tempat kost? Anda bisa cari tempat yang lebih nyaman untuk mengerjakan skripsi. Seperti di coffee shop, perpustakaan nasional, taman, maupun tempat-tempat menarik lainnya yang bisa Anda datangi. Pastikan tempat tersebut cukup tenang dan mendukung Anda bisa fokus ketika mengerjakan skripsi.

  • Positif Thinking dan Pikirkan Masa Depan

Merasa insecure dengan kemampuan diri sendiri karena tidak bisa menyelesaikan skripsi dengan cepat seperti teman-teman lainnya? Jauhi perasaan insecure tersebut dengan ciptakan pemikiran yang lebih positif. Yakinkan diri Anda, bahwa Anda bisa menyelesaikannya dengan cepat dan bisa mencapai target-target yang ada.

Coba pikirkan mengenai masa depan. Seperti, ingin lakukan apa setelah skripsi selesai dan lulus kuliah? Apakah mau melakukan gap year lebih dulu untuk refreshing dan menambah pengalaman? Atau juga mengejar program S2? Lalu akan bekerja di perusahaan apa atau membuka bisnis sendiri di bidang apa? Pikiran semacam itu akan membuat Anda lebih semangat.

  • Lebih Sering Berkumpul dengan Sesama Pejuang Skripsi

Orang-orang terdekat dan lingkungan turut serta lho dalam menciptakan semangat menyelesaikan skripsi. Anda bisa lebih sering berkumpul dengan teman-teman sesama pejuang skripsi. Selain dapat saling menyemangati satu sama lain, Anda bisa juga bertukar ide dan pemikiran demi membuat skripsi yang lebih sempurna.

Selain kegiatan-kegiatan di atas, cobalah memikirkan orang tua atau mereka yang sudah memberi support maksimal agar Anda bisa menggapai impian menjadi seorang sarjana. Bayangkan betapa bangganya mereka terhadap prestasi dan pencapaian Anda. (yuli)