Pandemi covid-19 sedang melanda dunia, termasuk Indonesia, membuat aktivitas belajar mengajar dilakukan secara virtual. Sayangnya, anak-anak TK belum terlalu mengerti dan mudah bosan jika harus belajar secara lisan. Oleh karena itu, peran orangtua dalam mendampingi anak usia TK sangat dibutuhkan. 

Jika kamu ingin anak rajin belajar dan tidak rewel di jam pelajaran online, maka bisa membantu mereka untuk belajar dengan cara menyenangkan, yaitu: 

Mulai Belajar Sambil Bernyanyi Riang 

Belajar sambil bernyanyi merupakan metode pengajaran yang cocok dilakukan kepada anak usia TK. Kamu bisa mengajarkan anak tentang abjad, huruf, nama bulan, nama hari, serta lainnya dengan metode bernyanyi. 

Cara ini akan melatih anak-anak untuk berkonsentrasi dan mudah mengingat apa yang sudah kamu ajarkan. Dengan bernyanyi, anak-anak pun tidak akan pernah bosan belajar, karena mereka akan merasakan suasana yang menyenangkan setiap hari.

Belajar Menggambar Sekaligus Mewarnai

Mengajak anak menggambar dan mewarnai merupakan suatu hal penting yang mesti orangtua perhatikan. Hal ini akan memicu daya kreatif anak, sehingga anak bisa mengekspresikan imajinasi yang ia miliki. 

Tak hanya mewarnai suatu objek tertentu saja, kamu juga bisa mengajak anak untuk belajar menulis huruf A sampai Z, kemudian mewarnainya. Dengan begitu, anak akan sekaligus belajar menulis dan membaca secara menyenangkan dan menarik.

Bacakan Dongeng Untuk Anak
Anak-anak memiliki perhatian yang lebih terkait cerita atau dongeng yang dibacakan oleh seseorang. Mereka akan otomatis fokus dan mendengarkan seksama, sembari membayangkan cerita yang tengah dibacakan. Dari sini, rasa penasaran akan mulai timbul, sehingga membuat mereka berani untuk bertanya suatu hal yang membuatnya penasaran.

Dengan membacakan dongeng setiap hari, anak-anak akan mudah menyerap pelajaran atau hikmah yang disampaikan dari cerita tersebut. Apalagi, banyak dongeng yang mengandung pesan moral, dimana sangat baik untuk dibagikan kepada anak-anak.

Gunakan Alat Peraga Saat Sedang Mendongeng

Membaca dongeng dengan menggunakan alat peraga tentu akan sangat menarik dan membuat anak-anak menjadi lebih senang mendengarkan. Tidak perlu menggunakan alat peraga yang sulit. Kamu bisa menggunakan boneka tangan, lalu mulai membacakan dongeng tentang binatang atau lainnya yang sangat seru.

Saat kamu membaca dongeng dengan menggunakan alat peraga, maka fokus yang dimiliki oleh anak-anak semakin meningkat. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat untuk daya ingat mereka. Jadi, anak-anak akan lebih mudah mengingat materi atau pelajaran yang kamu sampaikan nantinya.

Mulai Belajar dari Alam Sekitar Rumah

Jika anak bosan berada di dalam rumah terus, kamu bisa mengajaknya bermain di sekitar halaman rumah. Ajaklah anak berinteraksi dengan alam, yaitu ikut memperkenalkan berbagai tumbuhan serta hewan yang ada di sekitarnya. 

Jika ingin melatih kesabaran dan sikap telaten pada diri anak, kamu bisa mengajaknya berkebun juga, lho. Pastinya, anak-anak akan merasa senang karena mereka bisa mengamati perkembangan tanaman di sekitarnya. 

Kamu juga bisa mengajarkan tentang apa saja vitamin serta nutrisi yang terkandung di dalam sayuran. Dijamin, setelah itu, anak pasti akan rajin makan sayur. 

Itulah informasi mengenai cara mengajari anak TK belajar di rumah dengan cara menyenangkan dan anti bosan. Walaupun belum cukup mengobati rasa rindu mereka kepada teman-temannya, tetapi cara ini bisa membuat mereka belajar dengan cara menyenangkan. Alhasil, orang tua pun bisa ikut memperhatikan perkembangan sang buah hati dengan baik setiap hari. (yuli)