Ada yang punya ketertarikan khusus dalam dunia pendidikan? Seperti menjadi tenaga pendidik atau guru misalnya? Jika benar, tentu perlu yang namanya media pembelajaran. Hingga saat ini, ada macam-macam media pembelajaran yang bisa dipilih.

Adanya media pembelajaran ini sebenarnya cukup penting. Media pembelajaran merupakan salah satu alat bantu demi kelancaran proses belajar mengajar. Dengan memanfaatkan media pembelajaran yang tepat, maka kegiatan belajar bisa berjalan lebih efektif. Penasaran apa saja macam-macam media pembelajaran masa kini? Berikut ulasan selengkapnya

Apa Itu Media Pembelajaran?

Sebelum mengetahui apa saja macam-macam dari media pembelajaran, mungkin masih ada yang penasaran. Tentang apa itu media pembelajaran menurut definisinya. Secara bahasa, media sendiri berasal dari bahasa latin “medius” yang berarti perantara atau pengantar.

Sedangkan, secara umum media dalam pembelajaran bisa berarti alat untuk menyampaikan pesan-pesan pengajaran. Sehingga, bisa dikatakan media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk proses pembelajaran. Media pembelajaran juga diklaim bisa meningkatkan semangat belajar murid, sehingga materi tersampaikan dengan baik.
Macam-macam Media Pembelajaran

Media Audio

Media pembelajaran berupa audio ini digunakan untuk menyalurkan pesan (materi pembelajaran) yang berupa audio dari sumber pesan ke penerima. Kalau media audio ini sudah jelas ada kaitannya dengan indra pendengaran.
Melalui media audio, materi pembelajaran yang bisa disampaikan pada penerima pesan (murid) bisa berupa kata-kata atau bunyi-bunyian. Ada banyak contoh media audio untuk pembelajaran misalnya seperti radio, tape recorder, dan lainnya.

Media Visual

Beda dengan media audio yang mengandalkan indra pendengar. Media visual tentu saja berhubungan dengan indra penglihatan. Pada umumnya, pesan materi yang akan disampaikan oleh penerima melalui media visual ini menggunakan alat proyektor.

Pesan yang disampaikan nanti bentuknya visual. Media visual banyak dipakai untuk pembelajaran karena punya beberapa kelebihan. Seperti bisa lebih menarik perhatian, sajian ide pun dapat diungkapkan lebih jelas, hingga penggambaran materi yang mudah dicerna.

Ada 2 jenis media visual yang banyak dipergunakan sebagai pembelajaran. Pertama ada media visual diam seperti misalnya berupa foto, grafik, bagan, peta, dan lainnya. Selain itu, ada juga media visual gerak misalnya film bisu, dan sebagainya.

Media Audio Visual

Ada lagi media pembelajaran yaitu audio visual. Media audio visual ini nanti bisa menampilkan gambar serta suara. Media pembelajaran ini juga sering dipakai para tenaga pendidik.

Ada 2 jenis media audio visual untuk pembelajaran yaitu media audio visual diam seperti TV diam, halaman bersuara, atau film rangkai bersuara. Selain itu, ada media audio visual gerak yaitu seperti gambar bersuara, TV, film yang diputar di TV dan lainnya.

Media Serba aneka

Media serba aneka merupakan media pembelajaran yang menggunakan potensi daerah itu sendiri. Contohnya seperti di tempat belajar itu ada papan tulis, itu termasuk media serbaaneka. Contoh lain media serbaaneka adalah media tiga dimensi seperti model atau diorama.

Media realita pun masuk kategori media pembelajaran serba aneka, contohnya seperti pendidik membawa langsung hewan, atau murid dibawa langsung ke peternakan. Terakhir, media serbaaneka juga termasuk sumber belajar pada masyarakat seperti karyawisata.

Gambar Fotografi

Gambar fotografi juga bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Contohnya seperti kartun, lukisan, dan lainnya. Pastikan saja gambar harus memenuhi syarat tertentu. Mulai dari gambar cukup memadahi, kualitasnya juga harus tinggi, serta validitasnya pun bisa diandalkan.

Peta Atau Globe

Merupakan salah satu media pembelajaran yang berfungsi untuk menyajikan data lokasi. Pendidik bisa menyampaikan pesan seperti arah-arah tempat, jarak, penampakan sungai, dan lainnya melalui peta atau globe. Melalui peta dan globe, murid-murid juga akan lebih mudah belajar tentang hal-hal yang bersifat geografis.

Itu dia macam-macam media pembelajaran yang ada hingga sekarang. Bagi tenaga pendidik, sangat perlu memilih media pembelajaran yang tepat. Dengan begitu, materi bisa tersampaikan dengan mudah pada para murid. (yuli)