Bisnis Tanpa Modal – Pada umumnya tujuan seseorang mengelola usaha adalah untuk mendapatkan keuntungan atau pendapatan sebanyak mungkin. Namun dalam berbisnis kita diberikan pilihan sebebas-bebasnya, termasuk dalam memilih jenis usaha. Jika kamu mencari bisnis dengan modal seminim mungkin, maka harus mengetahui contoh bisnis tanpa modal yang potensial dalam pembahasan ini.

Sebelumnya kamu perlu mengetahui bahwa jenis usaha ini tengah menjamur di kalangan pelaku usaha, sejalan dengan prinsip untung dari modal kecil. Namun ide-ide usaha tanpa modal pun tidak dijalankan secara asal saja, akan tetapi tetap harus tetap memiliki potensi berkembang dengan baik. Sehingga hal ini dirasa menjadi alternatif bisnis dengan risiko yang minim pula.

Kumpulan Bisnis Tanpa Modal

1. Dropshipper atau Reseller

Jika menjadi dropshipper kamu diharuskan menyetok barang dagangan dalam jumlah tertentu yang cukup banyak, maka menjadi reseller kamu hanya perlu menggunakan skill marketing saja tanpa harus melakukan pembelian produknya terlebih dahulu. 

Sistem kerja menjadi reseller ini tengah menjamur di berbagai kalangan yang ingin memulai bisnis ringan, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga. Pada prinsipnya reseller atau dropshipper akan mencari mitra pemilik suatu bisnis online. Pekerjaan ini tidak memerlukan modal usaha, kamu cukup memiliki gadget sebagai fasilitas bisnis.

2. Translator Lepas

Jenis usaha selanjutnya yang diketahui tidak mengharuskan kamu mengeluarkan biaya, yaitu menjadi seorang translator lepas atau penerjemah. Seiring dengan banyaknya tenaga kerja dengan latar belakang skill berbahasa asing, maka menjadi penerjemah lepas pun bisa menjadi pilihan tepat untuk menyalurkan kemampuan tersebut.

Apalagi kebutuhan penerjemah bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia maupun sebaliknya, kini banyak dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Diantaranya menjadi penerjemah karya buku, film dan drama asing, hingga tour guide.

3. Penulis Lepas

Menjadi penulis lepas atau content writer juga termasuk sebagai pekerjaan atau bisnis tanpa modal. Sistemnya, penulis konten hanya bekerja dengan membuat karya berupa tulisan dan menuangkan ide atau kreativitasnya tersebut, menggunakan fasilitas yang mendukung seperti laptop atau smartphone.

Karena kini hampir setiap orang telah memiliki gadget, maka usaha ini tidak memerlukan modal atau biaya lain. Menjadi penulis lepas bahkan bisa dikerjakan di manapun. Sehingga pekerjaan ini selain hemat soal biaya, juga hemat soal waktu karena sangat efisien. Artinya pekerjaan ini tidak mengharuskan penulisnya datang dan bekerja langsung di kantor.

4. Tutor Les Privat

Mencari peluang kerja tanpa modal juga bisa dilakukan dengan menjadi tutor les. Berkaitan dengan kebutuhan dalam bidang pendidikan, tak jarang kini para orang tua memasukkan putra-putrinya kepada lembaga les, atau secara individu mencarikan tutor privat berpengalaman. Menjadi seorang pengajar les, tidak membutuhkan biaya usaha seperti pada umumnya.

5. Blogger

Tidak kalah menarik, profesi sebagai seorang blogger pun termasuk dalam jajaran bisnis tanpa modal. Seiring dengan generasi yang sudah melek teknologi, menjadi blogger kini banyak dijadikan hobi hingga profesi.

Kamu akan mengelola website pribadi dan bertanggung jawab atas berbagai konten di dalamnya, hingga menghasilkan banyak keuntungan dari cost per click, atau banyaknya pengguna yang mengunjungi halaman situs beserta mengklik adsense.

6. YouTuber

Begitu pula menjadi seorang konten kreator pada sebuah kanal YouTube. Jika saluran pribadi kamu terus berkembang dengan memiliki banyak penonton serta aktif membuat konten, tak memungkiri akan berdampak pada adsense dan penghasilan yang dapat dicairkan. Dengan teknologi yang mendukung sebagai fasilitasnya, kamu tak memerlukan lagi modal tambahan.

Dari 6 ide bisnis tanpa modal tersebut, kamu bisa memilih profesi mana yang ingin dicoba dan dikelola sesuai dengan minat serta tujuan. (yuli)