Bang Rusman – Atlet boling Balikpapan tampil superior pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Boling 2022, yang berlangsung di Balikpapan Super Bowling, BSB, 9-14 Mei.

Total, enam emas, satu perak dan tiga perunggu berhasil diraih peboling Balikpapan, dari 11 nomor yang dipertandingkan.

Enam emas tersebut diraih dari nomor single putri, mix double, master putri, single putra, all event putra dan master putra. Raihan enam emas ini mengantarkan Kota Beriman menjadi juara umum, mengungguli Samarinda dan Bontang.

Ketua Pengkot Persatuan Boling Indonesia (PBI) Balikpapan, Mieke Henny, melalui Sekretaris Umum Tukiman Wijayanto, mengaku puas dengan capaian peboling Kota Beriman. “Sedari awal target kami memang juara umum. Alhamdulillah tercapai, bahkan capaian medali emas melebihi target. Di mana awalnya kami menargetkan lima emas,” kata dia.

Performa impresif peboling Balikpapan ini, dikatakan Tukiman, jadi modal bagus sebelum tampil pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Kaltim mendatang. Apalagi, pada Porprov VII Kaltim nanti, Balikpapan Super Bowling dipastikan kembali jadi venue pertandingan boling.

“Kami sudah punya gambaran kekuatan lawan. Target kami di porprov nanti sudah jelas juara umum,” kata dia.

Ketua Pengprov PBI Kaltim, Rusman Ya’qub mengaku gembira dengan antusiasme yang ditunjukkan peboling Kaltim pada kejurda kali ini. Maklum saja, selama nyaris lima tahun terakhir, tak ada kejuaraan boling yang digelar di Kaltim, karena minimnya lintasan.

“Saya melihat kehadiran lintasan di Balikpapan Super Bowling jadi angin segar. Bisa dilihat atlet sangat antusias ikut kejuaraan ini,” kata dia.

Dia juga menyebut kualitas yang ditunjukkan atlet sudah cukup mumpuni, meski selama ini kerap terkendala venue latihan dan bertanding.

Ke depan, Rusman mengaku masih ada sejumlah agenda yang menanti peboling Kaltim. Mulai dari Wali Kota Cup di Balikpapan, yang rencananya berlangsung Juni nanti. Porprov VII Kaltim, akhir 2022 dan Piala Gubernur Kaltim pada awal 2023 mendatang.

Selain itu, PBI Kaltim juga tengah membidik prestasi pada PON XXI Aceh dan Sumut, 2024 mendatang. “Kami targetkan dua emas bisa direbut pada PON Aceh dan Sumut, sekaligus meneruskan tradisi emas PON dari cabor boling,” tuntas dia.

Sumber prokal.co