Jelang tahun ajaran baru, sekolah sudah mulai disibukkan dengan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

PPDB tahun ini akan sedikit berbeda karena pendaftaran akan dilakukan secara online.

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Yaqub berharap seluruh sekolah SMA dan SMK di Kaltim sanggup melaksanakan hal tersebut.

“Karena kan sistem jaringan. Belajar dari tahun lalu kita tidak ingin banyak server error, jadi kita minta layanan Drive Thru juga. Cuma kan tidak semua sekolah bisa, silakan sesuai kemampuan saja,” kata Rusman saat ditemui di Gedung DPRD Kaltim, Selasa, (25/5/2021).

Oleh sebab itu, Rusman Yaqub berharap dalam PPDB Online ini tidak terjadi lagi Down Server seperti 2020 lalu.

Pihaknya ingin agar seluruh Kepala Cabang Dinas di Kaltim melakukan kerja sama dengan penyedia jasa jaringan, seperti Telkom.

“Saya pikir sudah belajar dari pengalaman tahun lalu banyak down server. Makanya kami minta sekali kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, jangan sampai terulang kembali, supaya masyarakat tidak mengalami kesusahan yang berakibat kegaduhan,” ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Katim, Anwar Sanusi sebelumnya juga sudah mengatakan bahwa saat ini pihaknya terus mengevaluasi apa yang perlu diperbaiki agar tidak terjadi kerusakan jaringan seperti tahun sebelumnya.

“Kemarin tidak 24 jam, tahun ini kita evaluasi semoga bisa 24 jam. Cuma kan panitianya yang kemungkinan tidak bisa standby 24 jam,” ucap Anwar Sanusi.

Sumber tribunnews.com