Gagal memenuhi target 5 besar, namun apresiasi tinggi tetap diberikan kepada seluruh atlet yang sudah berusaha maksimal. Capaian akhir yang diperoleh Kaltim di PON XX/2021 Papua, berada di posisi 7, dianggap masih realistis.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Yaqub, saat dijumpai di kawasan Puncak Jayapura, Papua beberapa waktu lalu. Menurutnya, melihat situasi dan kondisi jelang PON digelar, hasil ini sudah cukup baik. Secara pribadi ia juga menilai pelaksanaan PON Papua ini sudah cukup baik dan fair. “Memang turun ke posisi 7, tapi saya pikir tidak terlalu jauh, masih bisa dimaklumi,” ucap Rusman.

Namun Rusman mengingatkan agar kondisi ini menjadi bahan evaluasi ke depan. Terutama untuk menghadapi PON 2024 yang dijadwalkan berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Untuk itu, proses pembinaan sejak dini mutlak untuk dilakukan. Selain melalui proses latihan dan perencanaan matang, juga harus ditopang dengan anggaran yang memadai.

“Tanpa anggaran memadai, prestasi menjadi sesuatu yang utopia. Olahraga hari ini, prestasi berjalan paralel dengan bagaimana pembinaan dan anggarannya,” cetus politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Disinggung terkait bonus atlet yang belum jelas besarannya, Rusman memastikan hal ini akan dibahas saat penganggaran APBD Murni tahun 2022. Dikatakan, DPRD sudah melakukan pembicaraan dengan pemerintah provinsi, Dinas Pemuda dan Olahraga juga KONI Kaltim. Di mana pemerintah sudah menawarkan beberapa skema untuk realisasi anggaran bonus atlet berprestasi ini.

Skema pertama berpatokan pada bonus di PON 2016, dilihat dari mana yang paling mendekati ideal. Di mana saat itu bonus yang dijanjikan sebesar Rp 250 juta, meski pada realisasinya hanya Rp 200 juta. Skenario berikutnya, usulan bonus mulai dari Rp 300 juta atau lebih.

Terakhir, kombinasi bonus, tidak hanya dalam bentuk fresh money tapi dipadukan dengan wujud apresiasi lainnya. “Ini masih kita kaji. Saya berharap pemprov konsisten untuk mengalokasikan itu,” tegas Rusman memungkasi.

Sumber sapos.co.id