Bang Rusman – Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Ya’qub mendorong akses internet di Wisata Desa Putak Loa Duri Ilir, Loa Janan Kukar. Karena saat ini masih susah sinyal.

Hal itu dialami Rusman saat menghadiri acara Festival Budaya Nutuq Bahamp atau panen padi ketan muda sebagai tamu penting. Rusman merasa susah mendapatkan sinyal jaringan seluler maupun internet di Desa Putak.

Oleh karena itu, dirinya berjanji pada warga sebagai wakil rakyat dari PPP itu untuk meminta pemerintah mempercepat akses pembangunan pemerataan jaringan internet. Sehingga promosi wisata di Desa Putak cepat dikenal oleh masyarakat luar. Tentunya janji itu disambut baik oleh warga dengan tepuk tangan dan sorak.

“Keberagaman budaya di Desa Putak Suku Dayak ini sangat beragam dan menarik. Jadi sangat disayangkan jika promosinya kurang maksimal. Dikarenakan tidak adanya jaringan internet bagi masyarakat sekitar,” ujar Rusman Ya’qub saat dimintai tanggapan Senin (21/3/2022) lalu pada nomorsatukaltim.com – Disway National Network (DNN).

Ketua Badan Pembentukan Perda di DPRD Kaltim ini mengapesiasi dan akan mendukung wisata budaya di Desa Putak ini. Karena dinilai oleh Ketua IKA PMII Kaltim ini, prospek ke depan sebagai desa wisata budaya khas Kaltim suku Dayak sangat menjanjikan.

Ke depan Rusman berpesan wisata budaya Putak ini bisa masuk dalam even kebudayaan nasional dan dikenal oleh warga luas di Kaltim maupun luar daerah. Tentunya ddidukung degan promosi wisata yang gencar pula. Dengan begitu wisata budaya khas Kaltim suku dayak ini menjadi primadona bagi pelancong atau wisatawan luar daerah untuk berkujung ke Benua Etam.

“Pemerintah harus bekerja secara serius untuk membangun sarana prasarana atau infrastruktur yang bisa mendukung dunia pariwisata di Kaltim ini menjadi prioritas. Sehingga ke depan dunia pariwisata budaya di Kaltim menjadi pilihan untuk mempercepat tranformasi pemulihan ekonomi di Kaltim,” pungkas Rusman ketua Fraksi PPP ini.

Sumber nomorsatukaltim.com