Bang Rusman – Masalah minimnya kapasitas sekolah masih menjadi masalah utama dalam evaluasi Pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK pada tahun 2022 ini.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim Rusman Ya’qub ketika menghadiri kegiatan Literasi Digital Menangkal Hoaks di SMAN 5 Kota Balikpapan, Kamis (21/7/2022).

Dikatakannya, hingga saat ini khusus dua kota di Provinsi Kaltim yakni Kota Balikpapan dan Samarinda, masih banyak ditemukan Kecamatan yang tidak memiliki fasilitas pendidikan.

Sehingga hal itu menyulitkan masyarakat ketika diintegrasikan dengan sistem zonasi pada proses PPDB.

“Terkait pelaksanaan PPDB pada Tahun 2022. Saya melihat sampai hari ini masih banyak hiruk-pikuk problem yang terjadi dalam pelaksanaan PPDB, khususnya yang terjadi di Kota Samarinda dan Kota Balikpapan,” kata Rusman.

Dan sampai saat ini pula, masalah kapasitas daya tampung SMA/SMK Negeri dengan jumlah lulusan SMP yang ada tidak sebanding dengan ruang belajar yang tersedia.

Jadi untuk mengatasi masalah PPDB ini hanya ada dua cara, yang pertama adalah dengan membangun satuan pendidikan baru dalam bentuk SMA baru atau SMK baru di dua wilayah ini.

Dan yang kedua adalah dengan melakukan penambahan lokal atau ruang kelas yang baru di SMK dan SMA yang sudah ada, dengan menyesuaikan zonanya.

“Memang di dua wilayah ini, di Kota Balikpapan dan di Samarinda itu ada beberapa Kecamatan yang termasuk dalam kategori black spot karena tidak ada sekolahnya ketika diintegrasikan dengan sistem zonasi,” jelasnya.

Kondisi itu terjadi karena memang awalnya fasilitas pendidikan yang sudah ada dibangun di masa lalu, tidak menggunakan sistem zonasi sehingga ketika diterapkan sistem zonasi maka ada Kecamatan yang tidak memiliki fasilitas sekolah.

Sehingga fasilitas pendidikan itu hanya mendominasi di Kecamatan tertentu.

Ditambahkannya, memang untuk membangun sekolah-sekolah baru ini ada konsekuensinya, tak hanya membangun sarana fisiknya tapi juga harus menyediakan tenaga pengajar dan lainnya.

Dan yang paling memungkinkan adalah dengan melakukan penambahan ruang kelas baru.

Sumber BusamID