Bang Rusman – Anak muda biasanya memiliki jiwa kreatif dan produktif, sehingga berbagai peluang berbisnis selalu dicari oleh mereka. Begitu pula bagi kamu, menjadi pengusaha bisa menjadi solusi tepat untuk sukses dan menambah pendapatan. Sesuai dengan semangat membara, ada beberapa ide menarik tentang bisnis kreatif anak muda yang wajib kamu coba.

Usaha kreatif sendiri merupakan bisnis yang sangat luas cakupannya. Bahkan banyak dipilih oleh kalangan anak muda atau pemula, dimana mereka pun mencari bentuk bisnis yang mudah dijalankan, mudah urusan modal, dan yang pasti memiliki peluang besar untuk berkembang.

Ide Rintisan Bisnis Kreatif Anak Muda 

Beberapa contoh usaha kreatif berikut ini diambil berdasarkan jenis bisnis yang saat ini banyak dirintis oleh anak muda, tentunya memiliki potensi terus berkembang dan diminati hingga ke depannya.

1. Bisnis Gift

Jika kamu sadari contohnya dalam berbagai marketplace online kini selalu ditemui banyak jasa yang menyediakan pembuatan gift atau hadiah. Ini termasuk ke dalam bisnis kreatif, karena pembuatan gift akan disusun sedemikian rupa agar lebih menarik dan cantik.

Pembeli pun biasanya dapat melakukan pemesanan secara kustom, misalnya dalam pembuatan nama, kartu ucapan, pemilihan model, warna, dan lainnya. Bisnis ini sangat cocok untuk anak muda yang memiliki jiwa kreatif, misalnya ia membuat buket bunga untuk wisuda, parcel, hampers kado unik untuk ulang tahun hingga pernikahan.

2. Kuliner Kekinian

Sampai kapan pun bisnis kuliner menjadi salah satu jenis usaha yang akan terus ada dan memang selalu dicari. Akan tetapi kuncinya, kamu harus memilih jenis kuliner yang diperkirakan akan selalu menarik minat konsumen dalam beberapa tahun ke depan, sesuai target bisnisnya.

Kamu juga dapat memanfaatkan momen agar bisnis yang dijalankan meraih keuntungan banyak. Artinya memilih jenis usaha yang sesuai dengan tren yang sedang berkembang. Apalagi dewasa ini banyak berkembang inovasi makanan unik yang kekinian. Ini bisa menjadi ide bisnis kreatif anak muda yang paling potensial.

Dengan perkembangan teknologi internet kini kita dapat dengan mudah mencari tahu berbagai kuliner yang sedang hits di pasaran. Bisa disebut bahwa ciri kuliner hits masa kini biasanya makanan tersebut merupakan inovasi baru dari makanan aslinya, memiliki tampilan makanan yang menarik nan menggiurkan, serta sedang viral di masyarakat.

Sebagai contohnya, kuliner kekinian ini seperti kue balok, roti john, minuman thai tea, minuman boba, rice bowl, ayam geprek, dan berbagai kuliner viral lainnya.

3. Konten Kreator hingga Blogger

Salah satu bisnis kreatif anak muda paling populer selanjutnya adalah menjadi konten kreator. Kini kamu dapat memanfaatkan jiwa kreatif dan wawasan akan literasi teknologi dengan tepat. Misalnya menuangkan ide-ide kreatif dengan membuat video menarik yang diunggah ke kanal YouTube pribadi.

Semakin banyak viewers dan adsense yang didapatkan, maka akan mempengaruhi pada penghasilanmu. Begitu pula ketika menjadi blogger, dimana kamu akan mengelola website yang mengulas konten atau isu tertentu. Dalam hal ini blogger dituntut aktif dan memiliki pengetahuan mumpuni tentang SEO.

4. Budidaya Ikan

Masa kini banyak pula anak muda yang tertarik pada bidang pertanian, dan menjadikannya sebagai media berbisnis. Budidaya ikan pun banyak dipilih karena dipandang sangat menjanjikan. Bahkan ikan selalu dibutuhkan karena ia menjadi konsumsi yang besar di berbagai belahan dunia. 

Apalagi jika budidaya ikan telah memenuhi kualitas standar ekspor, maka income yang didapatkan bisa semakin besar. Belum lagi ditambah berbagai pesanan dari lokal.

Contoh bisnis di atas bukan hanya sekedar ide saja, namun kini terbukti banyak yang merintis bisnis kreatif anak muda ini karena potensinya yang besar. (yuli)