Bang Rusman – Tidak ada pelaku usaha yang menginginkan bisnisnya mengalami kemunduran. Sebaliknya, mereka ingin agar bisnisnya terus berkembang, dikenal banyak orang, dan menarik banyak pembeli. Maka agar daya beli melonjak dan stabil, banyak pelaku usaha yang mengelola bisnis kreatif dan inovatif.

Inovasi atau pengembangan menjadi salah satu solusi agar bisnis yang kamu lakukan dapat terus bertahan di pasaran. Namun yang menjadi kendala pada umumnya adalah, banyak pebisnis yang tidak yakin bahkan bingung dalam mencari ide berinovasi. Maka berikut ini akan dibahas hal-hal seputar contoh inovasi dalam usaha serta cara menghasilkan imajinasi atau kreativitasnya.

Namun sebelumnya perlu diketahui beberapa manfaat melakukan inovasi dalam bisnis, agar kamu lebih semangat melakukan prosesnya. Diantaranya untuk membuat bisnis kamu berbeda dengan bisnis pada umumnya, dilirik konsumen dengan mudah, sehingga mendatangkan banyak keuntungan.

Contoh Bisnis Kreatif dan Inovatif

1. Menambah Sesuatu yang Baru

Menerapkan inovasi dalam bisnis merupakan hal yang biasa dilakukan oleh pelaku usaha, bahkan hal tersebut sangat dianjurkan demi kelangsungan dan kelancaran bisnis di pasaran. Inovasi sendiri merupakan kreasi yang dapat dilakukan dengan menambahkan sesuatu yang baru atau belum ada sebelumnya.

Sebagai contoh, inovasi dilakukan ketika kamu menambahkan sesuatu yang belum pernah ada dalam bisnis. Misalnya menambahkan menu baru pada bisnis kuliner yang sedang dikelola. Dengan begitu kamu mengusahakan agar konsumen tidak berpaling.

2. Meningkatkan Kualitas

Selanjutnya, inovasi juga bisa dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas usaha yang dijalankan. Misalnya jika kamu mengelola bisnis minuman kekinian, bisa berinovasi melalui usaha upgrade desain dan bentuk kemasan yang digunakan.

Dari sini pun inovasi yang dilakukan ini bisa membawa manfaat lain, tentunya bagi perkembangan bisnis. Salah satunya sebagai usaha meningkatkan brand dan promosi, karena konsumen dibujuk untuk membeli produk melalui desain kreatif pada kemasan.

Cara Menghasilkan Ide Untuk Bisnis Kreatif dan Inovatif

1. Peka Terhadap Perkembangan di Sektor Bisnis

Terkadang niat untuk berinovasi mulai tumbuh dalam diri, namun yang menjadi kendala selanjutnya adalah bingung dalam menghasilkan ide kreatifnya. Untuk memancing agar kamu lebih mudah menemukan ide menarik untuk usahamu, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah melatih kepekaan jiwa bisnis dengan cara selalu update akan perkembangan dunia bisnis.

Dalam sektor bisnis sendiri selalu muncul berbagai tren baru. Maka ini bisa menjadi referensi bagi kamu, dengan menerapkan tren bisnis baru pada usaha yang sedang dijalankan saat ini.

2. Terus Melakukan Analisis Bisnis atau Analisis Pasar

Cara membiasakan diri melahirkan ide baru untuk kepentingan bisnis kreatif dan inovatif, selanjutnya dapat dilakukan dengan cara aktif melakukan analisis pasar. Jika kamu telah mengusahakan agar selalu up to date dengan perkembangan bisnis baru seperti yang dianjurkan di atas, maka analisis bisnis pun diperlukan.

Jadi ketika kamu mendapatkan referensi baru mengenai trend usaha terkini, maka bisa melakukan pula analisis pasarnya. Hal ini untuk menelaah potensi dari bisnis baru tersebut. Jika tren usaha diprediksi memiliki peluang menjanjikan hingga jangka waktu yang panjang, maka ini bisa menjadi sesuatu yang menarik.

3. Mengembangkan Jiwa Kreatif

Di langkah inilah baru kamu dituntut untuk memiliki jiwa kreatif dalam berbisnis. Berbagai masukan bisnis dari tren terbaru, menjadi modal awal agar kamu dapat berfikir, berimajinasi, dan berkreasi. Lebih jelasnya kamu dapat menuangkan sentuhan baru pada bisnis yang akan dilakukan. Dan memastikan bahwa inovasi yang dilakukan akan berdampak baik pada usaha.

Itulah serba-serbi seputar bisnis kreatif dan inovatif yang bisa kamu terapkan dengan cukup mudah. (yuli)