Bang Rusman – HAM singkatan dari Hak Asasi Manusia yang merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa, yang diberikan kepada manusia sejak dalam kandungan dan memiliki sifat universal. Dalam hal ini, penegakan HAM tidak mengenal batasan umur, jenis kelamin, ras, agama, negara dan budaya

HAM menjadi landasan moral manusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia lain dalam lingkup masyarakat. Tujuan dari HAM ini adalah untuk menjamin keberadaan harkat serta martabat manusia, dan senantiasa menjaga keharmonisan bersama lingkungannya.

Di bawah ini merupakan beberapa alasan penting dibalik penegakan HAM, yaitu sebagai berikut.

Alasan Penegakan HAM Dilakukan

HAM atau Hak Asasi Manusia merupakan suatu hak dasar yang sudah dimiliki manusia sejak mereka lahir ke dunia. Hak ini berlaku seumur hidup dan tidak bisa digugat oleh siapapun. 

Sehingga, jika ingin lepas dari penindasan, masyarakat harus sadar bahwa mereka memiliki hak untuk melakukan perlawanan dan pemberontakan untuk memperjuangkan hak-haknya tersebut. Sebab, seluruh manusia memiliki hak yang sama.

Dikarenakan HAM menjadi hak dasar yang dimiliki oleh masyarakat, maka hak ini perlu diberikan perlindungan. Awalnya, konsepsi HAM menekankan pada hubungan vertikal, dimana salah satunya dipengaruhi oleh sejarah pelanggaran HAM, terutama yang dilakukan oleh suatu negara, baik terhadap hak sipil-politik maupun hak ekonomi, budaya dan sosial.

Dalam hal ini, negara wajib memberikan perlindungan yang sudah menjadi kewajiban utama pemerintah. Peran negara sangat dibutuhkan dan wajib untuk memberikan perlindungan, pemajuan, serta pemenuhan HAM itu sendiri. 

Jika Hak Asasi Manusia (HAM) dalam suatu negara tidak bisa ditegakkan, atau diabaikan dengan sengaja, maka penderitaan yang ada tidak bisa diatasi secara adil. Negara yang bersangkutan tidak bisa disebut sebagai negara hukum serta tidak memiliki arti demokrasi sesungguhnya. Hal inilah yang menjadi alasan bahwa HAM penting untuk ditegakkan.

Semua Orang Memiliki Hak yang Melekat Pada Dirinya dan Harus Dihormati

Menurut Rights Based Theory, semua orang memiliki hak yang sudah ada pada dirinya masing-masing dan harus dihormati oleh negara. Hak asasi manusia juga sudah dibahas di dalam nilai-nilai yang tercantum dalam Pancasila. Hal ini juga termasuk ke dalam alasan penting penegakan HAM harus dilakukan.

Namun, dalam menegakkan HAM ini, maka erat kaitannya dengan penegakan hukum. Jika penegakan hukum saja tidak berhasil dilakukan, pemenuhan dalam penegakan HAM pun akan sulit untuk diwujudkan. Sebab, di dalam penegakan hukum terdapat banyak faktor yang memiliki pengaruh besar, yaitu salah satunya aparat penegak hukum itu sendiri.

Yang dimaksud dengan aparat penegak hukum adalah seorang penyelenggara negara yang memiliki tugas untuk melindungi serta memberikan jaminan HAM secara langsung kepada masyarakat. Oleh sebab itu, pembenahan sistem peradilan, yang mana berasal dari kemauan aparat hukum atau kesadaran masyarakat sendiri, sangat diperlukan untuk menciptakan keseimbangan serta kepastian hukum dalam rangka pemenuhan HAM.

Hal ini dilakukan agar praktik-praktik pelanggaran HAM dapat diatasi. Tentu saja demi mewujudkan keadilan dan menciptakan budaya taat hukum di dalam kehidupan bernegara.

Itulah informasi mengenai beberapa alasan dibalik pentingnya melakukan penegakan HAM di suatu negara. Hak Asasi Manusia memang memiliki peran besar untuk melindungi masyarakat. Sehingga, masyarakat akan terhindar dari beragam kasus yang memiliki sangkut paut dengan HAM. Salah satunya seperti kekerasan pada anak, keluarga, kekerasan seksual, dan hal lainnya yang berhubungan dengan hak asasi manusia itu sendiri. (yuli)