Tahukah kamu seberapa pentingnya mempelajari mata pelajaran mengenai pendidikan nasional yang sesuai dengan undang-undang? Lalu, tahukah kamu jika undang-undang merupakan pedoman penting yang menjadi dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebab, tujuan pendidikan nasional ini penting untuk warga Indonesia agar dapat menjalani kehidupannya sebagai warga negara, menjadi lebih tertata dan terstruktur.

Tujuan Pendidikan Nasional Menurut Undang-Undang

Tujuan Pendidikan nasional menurut undang-undang nomor 20 tahun 2003 dalam pasal 1 ayat 2 disebutkan, bahwa pendidikan yang berdasarkan kepada pancasila dan undang-undang dasar negara republik Indonesia di tahun 1945. Nilai yang disebutkan tersebut mengakar kepada nilai-nilai agama, moral, budaya nasional Indonesia serta tanggap terhadap berbagai tuntutan tentang perubahan zaman dan lainnya.

Bahkan, disebutkan pula jika pendidikan nasional ini sebaiknya sudah dilakukan sejak masa sekolah dasar hingga ke jenjang perguruan tinggi, mengingat pentingnya peran mata pelajaran pendidikan nasional ini.

Adanya pendidikan nasional yang diajarkan sejak duduk di sekolah dasar ini merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mendukung kemajuan program pendidikan tentang nasionalis yang wajib dipelajari selama 12 tahun.

Dimana usia pendidikan itu dimulai dari sekolah dasar hingga ke jejang sekolah menengah atas atau SMA. Lalu, murid akan diajarkan tentang isi dari undang-undang dan hukum yang berlaku di negara Indonesia agar menjadi warga negara yang taat akan aturan pemerintah dan menjauhi hal yang melenceng dari aturan.

Hal tersebut tentu saja dilakukan untuk seluruh generasi muda penerus bangsa yang akan meneruskan negara ini kedepannya. Serta agar dapat menerima dan mengikuti pendidikan yang layak dan sesuai dengan tujuan dari adanya pendidikan nasional di negara Indonesia.

Sebab, dalam hal ini penting kiranya bagi seluruh bangsa agar mengetahui ujuan dari adanya pendidikan nasional ini supaya ada proses yang terjadi seperti evaluasi serta untuk sistem pendidikan nasional yang ada di negara Indonesia. Apalagi tujuan pendidikan nasional ini menjadi salah satu faktor utama untuk menciptakan bangsa yang cerdas.

Dijelaskan juga, jika semakin maju pendidikan seseorang maka akan semakin maju juga negara tersebut. Sebagai langkah awal untuk memajukan sebuah negara yaitu dengan menciptakan sistem pendidikan terbaik sesuai kapasitas dari sebuah negara. Negara akan maju jika pemerintah sendiri mampu memajukan pendidikan di sebuah negara tersebut.
Bahkan, menurut undang-undang nomor 20 tahun 2003 Pasal 3, djelaskan jika tujuan pendidikan ini yaitu untuk menggali potensi didik agar mejadi manusia yang beriman, patuh dan taat kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Berikut ini ada beberapa tujuan umum dari adanya mata pelajaran pendidikan nasional.

Tujuan Umum Adanya Pendidikan Nasional

Pertama, yaitu untuk menjadikan manusia yang beriman serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena pendidikan nasional juga harus berpegang pada pendidikan agama.

Kemudian, tujuan pendidikan nasional berikutnya yaitu untuk menjadikan manusia yang berakhlak mulia artinya untuk menyeragamkan sifat manusia yang bervariasi, yaitu level terendah harus memiliki sikap yang mulia.

Sebab, kehidupan negara akan menjaid lebih baik jika setiap warganya mampu berakhlak mulia dan mentaati setiap aturan yang ada.

Berikutnya, tujuan lain yaitu menjadikan manusia supaya lebih cakap, artinya mampu mengungkapkan perasaan dan opini. Karena manusia yang cakap dalam berbicara mampu menjadi tolak ukur sumber daya manusia sebagai bangsa yang bermoral tinggi, sebab selama menjalani pendidikan peserta didik harus mampu cakap baik dalam menulis atau membaca.

Itulah beberapa penjelasan tentang tujuan pendidikan nasional menurut undang-undang yang mesti kamu tahu. (yuli)