Bang Rusman – Seiring bergantinya masa, kondisi ekonomi dalam beberapa sektor cukup berkembang dengan baik. Maka beberapa  sektor bisnis di Indonesia yang akan dibahas berikut ini diketahui menjadi cikal bakal berkembangnya kondisi ekonomi nusantara.

Fenomena ini menjadi salah satu fakta yang tak terelakkan. Karena bagaimanapun Indonesia merupakan negara yang potensial dari berbagai jenis sumber dayanya. Dari beberapa sektor bisnis tersebut terjadilah peningkatan jumlah investor yang berinvestasi maupun bertambahnya ladang pendapatan.

5 Sektor Bisnis di Indonesia Paling Potensial

Dalam berbisnis tentunya kamu membutuhkan bidang memiliki prospek menjanjikan kedepannya. Sektor usaha di bawah ini termasuk yang paling banyak dijalankan sejauh ini.

1. Industri Pariwisata dan Perhotelan (kaitkan dengan program memperkenalkan budaya Indo ke mancanegara, semakin banyak tempat wisata di Indonesia)

Industri pariwisata dan perhotelan ternyata menjadi salah satu sektor yang paling berpengaruh dalam dunia bisnis. Sekarang ini banyak dibutuhkan tenaga kerja untuk bekerja dalam industri ini, seiring dengan banyaknya tempat wisata

Bahkan mengingat adanya program pemerintah memperkenal budaya Indonesia ke mancanegara, tentu membawa dampak pada lapangan pekerjaan ini. Dan seperti yang diketahui, bahwa nusantara menyimpan banyak keindahan alam eksotis yang terhampar luas. 

Maka tak heran semakin banyak turis lokal maupun asing yang berdatangan. Sehingga hal ini membawa dampak baik pada peningkatan potensi industri perhotelan di Indonesia.

2. Sektor Dagang dan Retail

Sektor perdagangan serta retail juga memiliki prospek yang begitu tinggi, bukan hanya kini namun untuk masa yang akan datang. Tak heran salah satu bisnis di Indonesia ini begitu potensial, karena proses distribusi akan terus bergerak mengingat berbagai kebutuhan yang terjadi pada masyarakat.

Proses distribusi ini pun selalu terjadi setiap waktu dan setiap tempat, baik distribusi lokal antar daerah, maupun distribusi antar negara. Bahkan Indonesia sendiri menjalin hubungan kerjasama dagang dengan berbagai negara, makanya ekspor-impor selalu berjalan. Jika ada proses distribusi, maka ada pula proses perdagangan.

3. Bisnis Online

Tren bisnis E-commerce atau online juga sedang menjamur di kalangan masyarakat terutama pebisnis masa kini. Bahkan perkembangan tren ini telah mengakar secara global, maka hubungan kerjasama bisnis pun saat ini semakin luas dan mudah.

Indonesia sendiri termasuk negara dengan populasi masyarakat pengguna internet dan gadget tertinggi. Sebagai seorang pebisnis, kamu bisa memanfaatkan hal baik dari fenomena ini. Yaitu dengan membangun bisnis online. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan marketplace daring yang gratis, iklan media sosial yang mudah, serta proses jual-beli yang cepat.

4. Jual Beli Infrastruktur-Konstruksi

Seiring dengan gencarnya proses pembangunan infrastruktur di nusantara, maka sektor konstruksi juga termasuk bisnis di Indonesia dengan potensi tinggi. Bahkan berbagai pembangunan, perbaikan, atau perawatannya diperkirakan akan terus terjadi, baik program pemerintahan maupun swasta.

5. Sektor Pertanian dan Pabrik

Selanjutnya, pemerintah diketahui membuka pintu lapangan pekerjaan dan memberikan kesempatan bagi tenaga kerja lokal dengan adanya berbagai perusahaan insentif yang bergerak dalam bidang pertanian dan pabrikan.

Misalnya dengan adanya perusahaan atau pabrik perlengkapan, perakitan, hingga garmen, menjadi keuntungan bagi pekerja kita untuk bekerja di dalamnya. Selain itu sektor pertanian pun menjadi celah paling luas sebagai industri bisnis yang banyak dilakukan. Apalagi mengingat Indonesia sebagai negara agraris, maka hal ini tidaklah aneh.

Inilah kelima industri bisnis di Indonesia yang potensial hingga ke depannya, dan banyak dilakukan saat ini. (yuli)