Bang Rusman – Ketua Bapemperda DPRD Kaltim Rusman Ya’qub terus mendorong aktifnya fungsi legislasi seluruh anggota DPRD Kaltim.

Menurutnya, terdapat tiga fungsi yang melekat pada DPRD, yakni budgeting, kontrol dan inisiasi.

“Kebetulan saya Ketua Bapemperda. Kita sekarang lagi mencoba efektifkan lagi yang namanya fungsi legislasi bagi anggota DPRD. Bapemperda mendorong betul kepada seluruh anggota DPRD provinsi Kaltim agar menggunakan haknya untuk aktif mengusulkan rancangan peraturan daerah, sesuai kebutuhan masyarakat,” ujarnya ditemui di Gedung D lantai 6 Kantor DPRD Kaltim, Selasa 28 Juni 2022.

Dikatakannya, berbeda dengan DPRD, pemerintah memiliki fungsi pemberdayaan masyarakat, pelayanan dan pembangunan.

“Fungsi pemberdayaan ini adalah, pemerintah memberdayakan masyarakat supaya mandiri. Kedua, fungsi pelayanan, artinya harus berbuat adil. Intinya, keadilan tidak boleh ada diskriminasi pelayanan. Ketiga, pembangunan. Tujuannya adalah untuk kesejahteraan dan fungsi terakhir adalah pengaturan, dalam rangka ketertiban rakyat. Nah sekarang, tidak mungkin rakyat tertib kalau tidak ada aturan. Disitulah DPRD berperan, jadi bagian dari unsur pemerintah. Makanya kita dorong anggota dewan menggunakan hak konstitusionalnya untuk banyak melahirkan hak inisiatif,” terangnya.

Masih kata Rusman Ya’qub, melahirkan dan menetapkan Peraturan Daerah ada syarat dan kaidah-kaidah yang harus dipenuhi.

“Tidak bisa sembarangan yang namanya Peraturan Daerah, tidak boleh diskriminasi dan harus berlaku adil untuk semua. Untuk itu kita mau mengefektifkan pembahasan yang selama ini banyak dari Perda yang lamban diselesaikan,” pungkasnya.

Sumber headlinekaltim.co