Bang Rusman – Bahasa inggris adalah bahasa yang universal atau disebut juga dengan bahasa internasional. Artinya bahasa ini dipakai untuk menjembatani komunikasi antar orang dari berbagai negara berbeda dengan penggunaan bahasa berbeda. Sehingga dilihat sekilas saja, kita bisa mengerti bagaimana gambaran manfaat atau keuntungan belajar bahasa Inggris.

Apalagi mengingat saat ini dunia tengah memasuki masa penggunaan teknologi dan semakin modern, maka ini membawa dampak pada persaingan antar SDM. Banyak orang yang kini berbondong-bondong mempelajari bahasa Inggris, dan seolah ini menjadi sebuah keharusan. 

Tak heran, karena banyak keutamaan yang bisa didapat jika kamu menguasai bahasa Inggris yang baik dan dapat menerapkannya.

Keutamaan dan Keuntungan Belajar Bahasa Inggris

1. Menambah Pengetahuan dan Skill

Menguasai penggunaan bahasa Inggris di sampung bahasa sehari-hari yang biasa digunakan, memang menjadi nilai lebih dan bisa membawa banyak keuntungan. Yang paling umum, kemampuan ini membawa manfaat dari segi akademis. Dengan begitu pengetahuanmu akan bertambah lebih banyak.

Selain kegunaan akademis, pemahaman bahasa Inggris juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan diri di lapangan kerja. Seseorang yang terbukti dapat berbahasa Inggris dengan baik dan mampu menerapkannya baik secara lisan maupun tulisan, maka ini menjadi bekal soft skill dan pengembangan diri yang lebih baik.

2. Meningkatkan Potensi Kerja

Apabila kita perhatikan dengan baik, saat ini banyak lapangan pekerjaan yang membutuhkan pegawai atau tenaga kerja dengan kelebihan mampu berbahasa Inggris. Ini sekaligus menjadi informasi, bahwa peluang kerja akan lebih mudah didapatkan jika kamu memiliki kriteria tersebut.

Ketika kamu mulai memotivasi diri untuk mempelajari, menguasai, dan menerapkan bahasa universal ini, maka akan terbentuk peningkatan potensi kerja. Dengan begitupun kamu mampu menawarkan kompetensi diri terhadap suatu perusahaan dengan percaya diri.

3. Mempermudah Komunikasi 

Keuntungan belajar bahasa Inggris juga bisa mempermudah kamu untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara. Dengan begini kamu bisa memperluas relasi.

Akan menjadi kendala ketika dalam sebuah obrolan multinasional terdapat salah seorang tidak bisa berbahasa Inggris. Maka dari itu, pastikan bahwa kita menggunakan bahasa internasional ini secara aktif. 

4. Sarana Mengenal Budaya Asing dan Memperkenalkan Budaya Sendiri

Semakin banyak potensi yang bisa dirasakan oleh seseorang yang memahami penggunaan bahasa asing ini. Seiring dengan keterbukaan dan hubungan antarnegara yang kini banyak terjadi, ini bisa menjadi sarana kamu untuk mengenal budaya asing, terutama memperkenalkan budaya sendiri ke pihak luar.

Dari sinilah peran english speaker sebagai penyebarluasan informasi, agar dunia luar mengenal keberagaman budaya di Indonesia.

5. Bergabung dengan Klub Bahasa Inggris

Berikutnya keuntungan belajar bahasa Inggris bisa kamu gunakan untuk berkumpul atau bergabung dalam klub bahasa Inggris. Jika mempelajari bahasa global ini sudah seperti hobi, maka keinginan bisa menjadi lebih luas. Agar apa yang kita pelajari dapat diterapkan dan terus diasah, maka bergabung dengan orang-orang satu hobi adalah solusinya. 

6. Lebih Mudah Memahami Karya Berbahasa Inggris

Kemampuan dalam berbahasa Inggris juga berguna dalam memudahkan memahami setiap karya dari luar yang berbahasa Inggris. Apalagi kini banyak karya dari mancanegara yang dapat dinikmati dan resmi beredar secara legal di negara kita. Seperti film dan buku internasional.

Namun apa jadinya apabila kita tidak memiliki pemahaman yang baik akan bahasa Inggris, sudah pasti akan sulit untuk mencerna setiap maksud yang disampaikan.

Begitulah berbagai keutamaan dan keuntungan belajar bahasa Inggris apabila kamu mampu menguasainya dengan baik. (yuli)