Dalam setiap pendidikan yang dipelajari pasti memilki tujuannya masing-masing, tanpa terkecuali agama islam. Kamu bisa mengetahui apa saja tujuan dari pendidikan islam dari pedapat beberapa ahli serta merujuk kepada al-Quran yang berkaitan dengan tujuan dari pendidikan agama islam.

Apalagi pendidikan merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap manusia untuk melangsungkan kehidupannya.

Pendidikan ini sangat berlaku sebagai proses dari perubahan tata laku seseorang atau kelompok sebagai usaha dalam mendewasakan diri manusia melalui upaya memberikan pelajaran dan pelatihan.

Mengenal Pendidikan Islam yang Penting Dipahami Oleh Setiap Muslim

Pendidikan merupakan hal yang harus dilakukan sejak dini sampai menginjak perguruan tinggi, kemudian tujuan dari pendidikan ini harus selalu ditujukan untuk setiap orang. Maka dari itu, tujuan dari adanya pendidikan islam yakni untuk membimbing serta mendidik seseorang agar mampu memahami setiap ajaran dalam agama islam.

Harapan dari adanya pelajaran agam islam ini antara lain untuk membangun kecerdasan berpikir, kecerdasan emosional, serta kecerdasan spiritual agar mendapatkan bekal cukup dalam menjalani kehidupan menuju kepada kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat.

Apa Saja Tujuan Dari Pendidikan Agama Islam?

Berikut ada beberapa rangkuman tentang tujuan dari pendidikan di negara Indonesia yang sesuai dengan konstitusi.

Pertama sesuai dengan Tap MPRS No. XXVI/MPRS/1966 yang didalamnya berisi tentang pendidikan, agama, serta budaya tujuannya yaitu untuk membentuk manusia yang taat pancasila serta sesuai dengan UUD 1945.

Kemudian, tujuan pendidikan agama islam dalam UU No. 2 tahun 1989 juga dijelaskan bahwa untuk mencerdaskan dan mengembangkan kehidupan bangsa serta manusia seutuhnya, yaitu dengan manusia yang memiliki iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berbudi pekerti yang luhur.

Lalu, memiliki pengetahuan serta keterampilan yang sesuai dengan keadaan sehat jasmani dan rohani, mempunyai kepribadian yang bertanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat dan beragam.

Selain itu, dalam TAP MPR No. II/MPR/1993 dijelaskan tujuannya antara lain untuk meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan serta dapat membangun diri dan masyarakat untuk bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.

Pendidikan islam ini juga dirumuskan untuk berusaha untuk mengadakan konferensi islam, Serta untuk menumbuhkan kepribadian islami secara utuh melalui latiha kejiwaan, penalaran serta kecerdasan indra dan perasaan.

Sehingga, pendidikan agama islam ini harus meliputi segala aspek baik spiritual, imajinasi, intelektual, jasmani serta rohani. Tujuannya yaitu untuk berorientasi kognitif mengingat rakyat Indonesia terdiri dari berbagai macam jenis agama, etnis dan budaya yang harus hidup berdampingan.

Pentingnya pendidikan untuk memperhatikan segala perbedaan itu, karena pendidikan budaya berbicara mengenai hal yang sama yaitu nilai.

Berbicara tujuan pendidikan islami menurut para ahli seperti Al-Ghazali, mengungkapkan tujuannya yaitu untuk menyempurnakan manusia di dunia dan akhirat. Sebab, manusia dapat mencapai kesempurnaan melalui ilmu yang dipelajarinya.

Kemudian, ibnu khaldun juga menegaskan jika islam berhubungan dengan duniawi dan ukhrowi sehingga mampu membentuk manusia yang taat pada Allah dan mampu menghadapi segala bentuk persoalan dalam kehidupan ini.

Selain itu, tujuan lain dari adanya pendidikan dalam al-Qura dijelaskan jika pendidikan akan mengenalkan manusia pada perannya dan bertanggung jawab untuk menjalni hidup ini.

Kemudian, mengenalkan manusia pada interaksi sosial dan rasa tanggung jawabnya dalam kehidupan bermasyarakat. Serta mengenalkan manusia kepada sang pencipta dan memerintahkan untuk senantiasa beribadah kepada Allah.

Jika di kelompokkan, tujuan dari adanya pendidikan agama islam yaitu sebagai pendidikan jasmani, rohani, akal, dan sosial.

Itulah beberapa penjelasan tentang pendidikan islam menurut berbagai aspek dalam kehidupan. (yuli)