Bang Rusman – Sektor bisnis semakin berkembang dan maju. Bahkan kini istilah ekonomi kreatif seolah menjadi tren baru dan menjanjikan bagi masyarakat, terutama bagi para pelaku bisnis. Menjamurnya tren ini pun merata, karena berkembang di berbagai kalangan masyarakat, baik perkotaan bahkan pedesaan. Dari gambaran ini terlihat peluang kerja ekonomi kreatif yang terbilang gemilang.

Tingginya eksistensi tren bisnis ini bukan tanpa sebab. Selain terbukti sebagai solusi baru menaikkan angka kesejahteraan ekonomi, ternyata usaha ini pun penerapannya sesuai dengan berbagai perkembangan teknologi saat ini.

Apa Itu Ekonomi Kreatif?

Sebelum tahu lebih lanjut, kamu bisa memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan istilah ini. Ekonomi atau bisnis kreatif ini adalah bentuk usaha yang dilakukan dengan mengutamakan ide-ide, berasal dari imajinasi atau kreativitas pelaku usahanya.

Bisnis kreatif seperti ini telah ada cikal bakalnya sejak dulu, misalnya melalui bisnis kerajinan tangan, produk lukisan, dan lain sebagainya. Di masa kini bisnis ini semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Sehingga dikatakan ia terbukti dapat memajukan perekonomian atau sektor bisnis masa kini.

Alasan Menjalankan Ekonomi Kreatif

1. Jenis Usaha Terbuka dan Tak Terbatas

Alasan memilih bisnis kreatif ini jika dikaitkan dengan potensi kedepannya, dapat dipastikan menjanjikan karena ia sebagai jenis usaha yang terbuka dan tidak terbatas. Siapa saja yang berminat, bebas untuk menjalankan ekonomi inovatif dan kreatif seperti ini.

Bahkan karena keterbukaannya, menjadikan bisnis ini cenderung mudah untuk diwujudkan dan dijalankan. Selain itu usaha kreatif ini juga terkenal tidak terbatas karena cenderung memiliki banyak jenis bisnis inovatif yang bisa dilakukan.

2. Melatih Wawasan Intelektual dan Kreativitas Pebisnisnya

Selain itu, secara pasti bisnis ini ikut menaikkan taraf atau kualitas perekonomian, termasuk di Indonesia. Tren baru dalam sektor ekonomi dan bisnis ini secara tak langsung ikut melatih wawasan intelektual dan kreativitas para pelaku usahanya.

3. Didukung Kemutakhiran Teknologi

Potensi bisnis kreatif ini juga sangat menjanjikan jika dilihat dari potensinya, karena memiliki relasi yang kuat dengan perkembangan serta penggunaan teknologi mutakhir. Banyak jasa bisnis kreatif yang kini menggunakan perangkat teknologi sebagai fasilitas utama dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Misalnya jasa desain grafis yang membutuhkan perangkat smartphone hingga laptop untuk membuat berbagai konsep dan menuangkan idenya.

4. Dapat Melibatkan Penggunaan Media Sosial

Masih berkesinambungan dengan pembahasan poin ke-3, ekonomi kreatif ini pun salah satunya telah banyak melibatkan penggunaan media sosial sebagai media promosi hingga komunikasinya. Inilah mengapa bisnis ini dikatakan relatif mudah dijalankan dan memiliki peluang untung yang menjanjikan.

5. Kompetensi Bisnis yang Berdaya Saing

Selain itu, potensi kerja sektor ekonomi ini semakin dipandang bagus karena jika dilihat ia sudah berdaya saing, bukan hanya untuk lokal namun berdaya saing global. Dalam dunia bisnis, ide ini juga menjadi penyumbang ide bisnis yang lebih sehat.

6. Membuka Lapangan Pekerjaan Baru

Terciptanya berbagai jenis usaha baru dalam sektor ekonomi juga tak dipungkiri ikut membuka lapangan pekerjaan baru. Meskipun sudah ada sejak dulu, namun di masa kini bentuk usaha kreatif semakin tidak terbatas. 

Munculnya bisnis baru tersebutlah yang menjadi sebab bertambahnya peluang pekerjaan lebih banyak lagi. Bahkan kamu dapat secara berdikari membuka jasa bisnis ini, maupun bergabung dengan sebuah lembaga atau perusahaan resmi.

Dengan mengetahui berbagai alasan di atas, kamu pun bisa semakin memahami bagaimana prospek dari ekonomi kreatif ini. (yuli)