Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi mengatakan Provinsi Kaltim memiliki potensi luar biasa dari seni budaya dan alamnya. Keragaman potensi itu haruslah dimaksimalkan agar Benua Etam menjadi provinsi yang tidak lupa akar budaya daerahnya.

“Seni budaya sangat penting sebagai perekat bangsa. Walaupun berbeda-beda dari berbagai daerah tapi mampu mempersatukan kita semua dan tidak membuat kita jadi bermusuhan. Karena itu, seni budaya harus terus dikembangkan,” kata Hadi Mulyadi saat membuka Pekan Kebudayaan Daerah Kaltim Tahun 2021 di Swiss-Belhotel Borneo Samarinda, Senin (13/9/2021)

Hadi Mulyadi berharap Pekan Kebudayaan Daerah dapat mengimplementasikan nilai-nilai integritas, etos kerja dan gotong royong sehingga mampu mempersatukan masyarakat melaui khasanah budaya yang sudah ada di Kaltim. “Diharapkan masyarakat mengetahui seni dan budayanya. Sekaligus, ajang memelihara nilai-nilai leluhur, toleransi dsn kerukunan masyaakat Kaltim,” tandasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Anwar Sanusi menjelaskan kegiatan rutin setiap tahun dilaksanakan di Taman Budaya Kaltim digelar 13 – 15 September.

“Kegiatan ini dalam upaya melestarikan budaya dan kesenian. Ada pula olahraga daerah yang dipertandingkan. Juga pameran seni budaya dan tampilan budaya kabupaten/kota se Kaltim,” ujar Anwar Sanusi.

Pembukaan ditandai penabuhan drum oleh Wagub Hadi Mulyadi didampingi Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Yaqub, Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti dan Kadisdikbud Kaltim Anwar Sanusi.Acara diisi hiburan artis ibukota multi talent Hudson yang membawakan beberapa tembang hits indonesia dan mancanegara.

Sumber rri.co.id