Bang Rusman – Nilai seseorang akan dilihat dari karakter dalam dirinya, bagaimana cara ia bersikap atau bertindak dalam kehidupan sehari-harinya. Seseorang dengan karakter yang baik pasti bisa bersikap secara tepat, serta mampu menentukan mana yang baik dan yang tidak. Karenanya pendidikan karakter perlu dipupuk dan dibentuk sejak dini.

Selain itu, seseorang dengan karakter yang baik ia pun pasti dapat diterima dengan baik di lingkungannya. Maka berikut ini beberapa karakter yang bisa kamu tanamkan dalam diri.

Pendidikan Karakter yang Harus Dimiliki 

1. Religius

Nilai religius harus sama-sama tertanam dalam diri setiap individu, sesuai dengan sila pancasila ke-1. Seseorang harus memiliki nilai agama atau religius yang baik sesuai ajaran agama yang dianutnya. Karena dengan berporos pada nilai-nilai keagamaan, maka setiap  manusia memiliki batasan tersendiri dalam berperilaku sesuai syariat atau norma.

2. Sikap Jujur dan Toleransi yang Tinggi

Nilai sebuah kejujuran kini sangat tinggi sekali. Artinya, betapa berharganya jika seseorang selalu mengedepankan prinsip jujur dalam setiap kesempatan. Jika diri terbiasa bersikap dan berkata jujur, maka kamu bisa mendapatkan kepercayaan dengan mudah dari sekitar.

Selain itu kamu pun bisa menanamkan sikap toleransi yang tinggi. Misalnya toleran terhadap orang yang menganut agama lain, orang dengan suku atau adat berbeda, atau hal lainnya.

3. Jiwa yang Bertanggung Jawab

Setiap individu pada dasarnya memiliki kewajiban yang harus dilaksanakan. Baik itu kewajiban sebagai penganut suatu agama, kewajiban sebagai warga negara yang baik atau bermasyarakat, kewajiban dalam bekerja, dan lainnya. Artinya kamu memiliki tanggungan yang harus dilaksanakan sebagaimana mestinya.

4. Rasa Cinta Terhadap Tanah Air

Pendidikan karakter lainnya yang penting untuk dijunjung sejak kini adalah jiwa patriotisme atau rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. Karakter berbangsa dan bernegara yang baik ini bisa kamu buktikan dengan cara menempatkan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi, hingga mematuhi setiap norma yang ada.

Atau bisa juga dengan berusaha mengharumkan nama negara dengan menunjukkan prestasi, mengenalkan budaya sendiri kepada dunia luar, dan sebagainya.

5. Disiplin

Untuk membentuk pribadi yang baik, kedisiplinanmu juga bisa menjadi salah satu penentu. Menerapkan sikap disiplin dalam setiap aktivitas memang perlu dibiasakan sejak dini. Misalnya dengan memiliki sikap ulet, pekerja keras, dan berjiwa kreatif. Dengan bersikap disiplin, semuanya akan tertata dengan baik.

6. Demokratis

Bersikap demokratis juga menjadi salah satu pendidikan karakter yang harus ditanamkan terhadap anak bangsa sejak dini. Dengan begitu kita bisa menyuarakan sesuatu sesuai dengan apa yang kita pahami, dan membela suatu kebenaran demi kebaikan bersama.

7. Mandiri

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan sikap mandiri dalam diri. Mandiri di sini artinya tidak memiliki ketergantungan terhadap orang lain, dan terbiasa menyelesaikan tugas pribadi secara baik dan bertanggung jawab. Kemandirian seseorang dipandang mempu membentuk seseorang agar menjadi individu yang pantang menyerah dan terbiasa menghadapi segala keadaan.

8. Ramah dan Bijak 

Sikap ramah dan bijak pun perlu dimiliki oleh seseorang. Ramah artinya bersahabat dengan lingkungan, dan bijak dalam setiap langkah yang akan ia ambil. Dengan begitu, sikap ramah kita bisa membawa diri pada sesuatu yang baik pula. Contohnya sikap kita dalam menghargai setiap orang, maka akan berbalik pada lingkungan yang bisa menerima kita dengan baik pula.

Begitulah pendidikan karakter yang bisa kamu junjung dan terapkan dalam diri mulai dari sekarang. (yuli)