Salah satu pendidikan yang harus terus di bangun dan diajarkan kepada generasi muda sekarang ini ialah pengetahuan tentang kewarganegaraan. Pelajaran tentang kewarganegaraan sangat penting untuk dipelajari agar para pelajar mampu mengetahui tentang negaranya serta menciptakan rasa ingin melindungi kepada negara tersebut.

Apa Itu Pendidikan Kewarganegaraan?

Pendidikan kewarganegaraan biasa dikenal dengan sebutan PKN ialah salah satu mata pelajaran wajib yang diberikan semasa sekolah dasar, agar siswa dapat memahami tentang tatanan pemerintahan dan pola kerja pemerintah Indonesia.

Bahkan dari jenjang sekolah hingga masuk ke ranah perguruan tinggi mata pelajaran PKN ini sangat penting untuk diberikan.

Tujuan paling utama dari adanya mata pelajaran PKN ini ialah untuk menciptakan civitas akademik yang intelegence. Kamu akan mendapatkan kekuatan moral serta menjadi warga negara dan bangsa yang cerdas dalam melihat dan memberikan kontribusi yang diperlukan oleh negara.

Tujuan dari adanya pendidikan kewarganegaraan yaitu supaya siswa mampu meningkatkan kecerdasannya dalam menjalani kehidupan bernegara. Baik secara intelektual, sosial, dan juga emosional yang melibatkan kecerdasan dalam hidup sebagai warga negara secara spiritual.

Sejarah Asal Mula Pendidikan Kewarganegaraan Berdiri

Di Indonesia, mata pelajaran PKN sudah menjadi istilah yang resmi dan telah berdiri dari tahun 1968. Istilah tersebut bermula dari asal kata bahasa inggris yaitu civic education.

Awalnya, pelajaran ini ditemukan di negara Amerika Serikat di tahun 1970, dengan tujuannya yaitu untuk lebih mengenalkan kepada warga tentang negara sendiri apa saja yang terdapat dalam susunan negara itu, kemudian mempelajari tentang hukum yang berlaku di sebuah negara sendiri.

Berikut ini beberapa tujuan dari adanya mata pelajaran tentang pendidikan warganegara.

Tujuan Adanya Mata Pelajaran Pendidikan kewarganegaraan

Pertama tujuan dari adanya mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yakni untuk berpikir secara rasional, kritis serta kreatif dalam menanggapi sebuah isu yang terjadi dari sebuah negara.

Kemudian, tujuan lainnya yaitu untuk selalu terlibat atau berpatisipasi secara aktif serta bertanggung jawab dalam melakukan segala tindakan yang secara cerdas mengikuti berbagai kegiatan yang seharusnya dilakukan oleh masyarakat, berbangsa dan bernegara yang paling penting anti korupsi.

Tujuan berikutnya yaitu untuk mengembangkan secara positif serta demokratis dalam membentuk diri yang berdasar kepada karakter masyarakat Indonesia yang bisa hidup bersama dan saling menghargai antar bangsa lainnya.
Tujuan selanjutnya ialah untuk melakukan interaksi antar sesama bangsa satu sama lainnya dalam melakukan percaturan dunia yang berlaku secara langsung maupun tidak langsung.

Lalu untuk memanfaatkan tentang teknologi informasi dan komunikasi supaya mampu menciptakan generasi yang paham tentang perkembangan negara.
Kemudian, beberapa ahli juga menjelaskan tentang tujuan dari adanya mata pelajaran kewarganegaraan ini.

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan Menurut Branson

Menurut Branson, tujuan dari pendidikan kewarganegaraan yaitu untuk turut berpartisipasi dan beranggung jawab dalam menjalani kehidupan berpolitik. Kemudian, untuk menjalani kehidupan masyarakat, baik itu di tingkat negara bagian, lokal, serta nasional.

Lalu, pendapat lain muncul dari Djahiri, ia menjelaskan jika tujuan lainnya yaitu untuk membina moral yang diharapkan dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila pancasila. Yaitu bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa, karena bangsa Indonesia terdiri dari beragam agama.

Serta untuk mendukung rasa kebersamaan antara rakyat Indonesia demi mencapai kepentingan bersama. Dan saling menghargai pendapat perseorangan agar tercipta kehidupan yang damai dan sejahtera melalui musyawarah dan mufakat, serta untuk mendukung kewajiban sosial bagi seluruh rakyat.

Sementara menurut somantri, tujuan adanya PKN yaitu untuk mendidik warga negara agar menjadi pribadi yang baik, beragama, bermartabat dan bermoral, demokratis serta sesuai dengan pancasila.

Itulah beberapa penjelasan tentang pengertian, sejarah dan tujuan dari adanya mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. (yuli)