Pembelajaran online saat pandemi merupakan sistem belajar mengajar yang ditempuh untuk menghindari adanya cluster baru dari proses pendidikan. Tentu saja hal tersebut mau tidak mau tetap harus dilaksanakan oleh kamu yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa. Saat proses belajar online sudah pasti harus adanya sinergi orangtua dan guru.

Hal ini menjadi wajib karena keterbatasan pendidik yang tidak bisa langsung menjangkau perkembangan peserta didik. Jadi peranan orang tua mendampingi sekaligus mengontrol anak saat belajar online. Agar muatan pelajaran yang disampaikan dapat diserap dengan tepat. Hal tersebut menjadi penting diperhatikan terlebih saat belajar online.

Adanya Sinergi dalam Proses Pembelajaran secara Maksimal
Peranan orang tua dalam pembelajaran daring, bukan berarti menggantikan peran guru sepenuhnya saat proses belajar. Adanya kontrol orangtua saat proses belajar adalah untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik agar tetap semangat saat belajar. Karena semua materi sudah pasti disiapkan oleh guru ketika menyampaikan materi di kelas.

Penyampaian materi belajar online dapat berbentuk powerpoint, video, dokumen word, maupun tugas lainnya yang tentu saja disesuaikan dengan tingkatan belajar masing-masing siswa. Guru di sekolah memiliki peran bahwa pelajaran yang disampaikan dapat terserap baik oleh siswa.

Sedangkan bagi orangtua di rumah berperan sebagai fasilitator bahwa murid dapat belajar dengan nyaman selama proses pembelajaran online. Tak hanya itu, perlunya motivasi serta dukungan langsung dari orang tua yang berinteraksi dengan murid di rumah. Hal ini juga untuk memastikan bahwa murid mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik.

Adanya Sinergi ketika Evaluasi Pembelajaran
Setiap proses pembelajaran sudah pasti memiliki tujuan tertentu. Adanya evaluasi pembelajaran yang diadakan antara orangtua dengan guru bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang dapat menjadi tolak ukur tingkat perkembangan, dan pencapaian setiap peserta didik.

Tentu saja karena proses belajar online tidak bisa hanya guru yang berperan aktif. Keikutsertaan orang tua juga menjadi kunci suksesnya proses belajar. Karena keterbatasan jarak yang tidak memungkinkan guru untuk berinteraksi langsung dengan murid di rumah.

Guru memiliki peran sebagai pembuat instrumen proses pembelajaran daring. Sedangkan orangtua dari rumah memiliki peranan menyiapkan murid untuk mengikuti evaluasi pembelajaran. Di samping itu peran orang tua juga sebagai figur yang bisa mencontohkan hal baik bagi murid di rumah. Karena cara mengajar yang efektif adalah mencontohkan langsung dibanding sekedar teori.

Adanya Sinergi untuk Saling Memotivasi Murid
Kreatif dan inovatif merupakan hal yang harus dimiliki oleh seorang guru. Proses pembelajaran yang rumit sebisa mungkin harus disampaikan dengan sederhana agar mudah diserap materinya oleh murid. Begitu juga antara guru dan orangtua harus bekerja sama untuk terus memotivasi agar murid tidak kehilangan semangat belajar saat pembelajaran online.

Orangtua merupakan orang yang langsung berinteraksi sehari-hari dengan murid. Adanya motivasi yang diberikan otomatis akan menambah gairah semangat belajar murid. Karena motivasi dan dukungan merupakan hak yang harus diterima bagi setiap murid.

Adanya Sinergi dalam Bermitra
Peran guru yang merupakan bagian dari sekolah pastinya wajib menjalankan hak dan kewajibannya sebagai bagian dari suatu lembaga. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu dengan cara meningkatkan kualitas pendidik dengan mengikuti berbagai macam pelatihan.

Sedangkan orang tua selaku mitra dari sekolah ikut serta mendukung jalannya manajemen sekolah dengan baik. Sehingga proses belajar mengajar terlaksana dengan lancar selama pembelajaran online.

Jadi adanya sinergi orangtua dengan guru saat proses pembelajaran baik online maupun offline memang sangat dibutuhkan. Hal ini untuk memaksimalkan tujuan pembelajaran bagi murid juga memaksimalkan keberhasilan proses pembelajaran tersebut.