Berbisnis merupakan kegiatan yang penuh tantangan dan risiko. Hal tersebut buat banyak orang sering merasa ragu ataupun menyerah ketika harus membangun dan menjalankan sebuah bisnis. Membutuhkan semangat untuk berbisnis? Banyak rahasia sukses para pengusaha menarik yang bisa Anda jadikan inspirasi lho!

Menjadi pengusaha sukses menjadi mimpi banyak orang. Tetapi sayangnya lebih banyak dari kita yang tidak mau berusaha dan perjuangkan mimpi tersebut karena merasa memiliki banyak keterbatasan. Nyatanya pengusaha-pengusaha sukses dunia mampu mengabaikan keterbatasan tersebut.

Ini Dia Rahasia Sukses Para Pengusaha Dunia

Terdapat beberapa nama pengusaha dunia yang dikenal berhasil sukses karena rahasia-rahasinya. Beberapa di antaranya meliputi:

Bill Gates

Jadi salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates sukses memegang predikat pengusaha tersukses dan memegang peran besar sebagai pendiri Microsoft. Tidak hanya itu, dia pun memegang predikat jadi miliarder termuda saat dia berusia 31 tahun.

Bill Gates mengungkapkan rahasia utama dia bisa sukses seperti saat ini yaitu dengan pintar dan cermat memanfaatkan peluang. Selain itu dia pun melakukan analisa terhadap celah-celah pada peluang tersebut dari berbagai sudut pandang. Bill Gates juga pernah menyampaikan kepada generasi muda untuk pertanggung jawabkan keputusan yang diambil dan jangan pernah goyah.

Warren Buffet

Nama Warren Buffet pun tentu tidak kalah populer sebagai pengusaha sukses di dunia yang juga menjadi seorang investor handal. Buffet bahkan memiliki banyak perusahaan termasuk Berkshire Hathaway. Rahasia yang sudah sering dia utarakan adalah prinsip ‘aku menari bekerja setiap hari’.

Maksudnya, Buffet mengingatkan kepada para calon pengusaha untuk menyempatkan bersenang-senang di tengah kesibukan. Bahwa semua yang sedang diperjuangkan bertujuan untuk kebahagiaan, sehingga Anda harus bisa menikmatinya. Buffet juga selalu tidak lupa mengingatkan agar tetap menguatkan tekad saat sedang membangun usaha.

Jeff Bezos

Jeff Bezos dikenal menjadi pendiri Amazon. Bezos masuk ke dalam jajaran pengusaha muda yang sukses selama dua dekade lamanya. Rahasia yang selalu dia ucapkan adalah mengenai konsep menjadi misionaris dalam berbisnis.

Artinya siap mencintai pelanggan bisnis Anda dan memberi layanan terbaik untuk mereka. Bukan menjadi orang yang malah terobsesi untuk jual perusahaannya. Tidak hanya itu, Bezos juga sering mengucapkan tentang bagaimana seorang pengusaha yang selalu siap dalam membangun bisnisnya.

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg jadi bagian dari pengusaha-pengusaha tersukses di dunia. Dia bahkan berhasil membangun bisnisnya hanya dalam waktu 13 tahun saja. Rahasia dari Mark yaitu cobalah selalu memecahkan masalah, bukan menghindarinya. Serta tentunya janganlah mudah menyerah.

Michael Bloomberg

Dalam bidang bisnis dan ekonomi, nama Michael Bloomberg tentu tidak bisa lepas. Dia sempat juga menjadi calon presiden Amerika Serikat. Michael berbisnis di dunia penyedia perangkat lunak dan keras pada bursa saham.

Bloomberg juga terkenal sebagai media besar yang sampai sekarang masih beroperasi. Rahasia dari pengusaha dunia satu ini berupa ketekunan dan kerja keras.

Larry Ellison

Kemudian ada Larry Ellison yang memegang gelar menjadi pengusaha sukses dunia dengan bidang salesman perangkat lunak. Oracle merupakan produk teknologi milik Ellison yang berhasil membawanya sukses.

Pesan rahasia dari Ellison kepada para pengusaha dan mereka yang memiliki mimpi menjadi pengusaha sukses adalah tentang bagaimana menciptakan pola pikir positif. Ucapan dari Ellison yang terkenal salah satunya ‘Orang-orang yang berprestasi besar mendapatkan dorongan kuat, bukan dari mengejar kesuksesan tetapi ketakutan akan kegagalan’.

Sebagian besar rahasia sukses para pengusaha dunia tidak jauh dari kerja keras dan tidak mudah menyerah. Selain itu cerdasnya dalam memanfaatkan peluang pun turut jadi bagian dari kesuksesan. (yuli)