Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Rusman Ya’qub, kembali menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper), Minggu, 13 Juni 2021.

Sosper kali ini, menyasar masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Samarinda Utara dan sekitarnya. Untuk itu, kegiatan dilakukan di Aula Kecamatan Samarinda Utara, Jalan Gunung Kapur, Lempake, Kota Samarinda.

Pada kesempatan tersebut, sosialisasi dilakukan untuk Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2019, tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum.

Rusman yang juga Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kaltim itu menilai, Perda ini memiliki tingkat kepentingan yang tinggi untuk diketahui masyarakat.

Pasalnya, kata Rusman sebagai negara hukum, sejatinya semua orang di Indonesia punya hak yang setara.

“Persoalan kita di lapangan adalah, masyarakat banyak belum tahu hak mereka untuk mendapatkan pelayanan. Padahal jelas ada dasarnya,” ujar Rusman.

Untuk itu, lanjut Rusman tujuan Sosper ini adalah sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah untuk memenuhi aspek hukum di mata masyarakat dalam konteks layanan hukum.

“Kita berharap, tidak hanya yang berduit saja yang punya kesempatan mendapatkan layanan hukum, tetapi semua lapisan masyarakat,”imbuhnya.

Dalam kegiatan yang turut dihadiri Camat Samarinda Utara Syamsu Alam tersebut, warga nampak antusias.

Edi, salah seorang warga mengatakan, kegiatan Sosper khususnya yang terkait Perda Bantuan Hukum harus lebih gencar lagi dilakukan.

Pasalnya, kini masyarakat khususnya pada level bawah juga rentan tersandung masalah hukum. Sementara, pemahaman terkait hak masyarakat akan akses layanan hukum masih relatif rendah.

“Jadi kalau kami (masyarakat), berharap Perda ini segera direalisasikan. Dan secepatnya ada Pergub (Peraturan Gubernur) terkait Perda,” kata Anto.

Untuk diketahui, DPRD Kaltim saat ini tengah gencar melakukan sosialisasi peraturan daerah, dengan menurunkan sejumlah anggota DPRD langsung ke masyarakat, sesuai wilayah dan daerah pemilihannya.

Tujuannya, meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk hukum yang ada di Kaltim.

Sumber kutainews.com