Bang Rusman – Kehadiran internet saat ini kian mempermudah para pebisnis untuk memulai usahanya, terutama soal pemasaran. Kemudahan berbisnis online pun akhirnya berdampak pada semakin banyak orang ingin mencoba memulainya.

Artinya persaingan bisnis tidak bisa dihindari lagi. Supaya tetap bisa bertahan dalam ketatnya persaingan, strategi bisnis online cukup penting untuk diterapkan. Ada beberapa strategi yang bisa dicoba, seperti diantaranya adalah

Mengusahakan Situs Online Shop Yang Dikelola Ada Pada Halaman Pertama
Paling utama yang harus dilakukan para pebisnis online adalah usahakan situs online shop yang sedang dikelola berhasil masuk halaman pertama situs pencarian. Hal ini dimaksudkan supaya lebih mudah lagi untuk menjaring banyak pelanggan. Selain itu, dengan menempatkan situs online shop pada urutan teratas juga dapat meningkatkan citra produk yang dijual.

Strategi bisnis online ini sudah cukup banyak yang mencobanya dan terbukti berhasil. Apalagi, sangat mudah melakukannya. Coba saja dengan menyewa jasa SEO untuk mengoptimasi rangking situs tersebut. Harganya bervariasi, sesuaikan saya dengan kemampuan. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot mempelajari sendiri.

Perbanyak Relasi
Menjadi seorang pebisnis online, penting untuk menjalin lebih banyak relasi. Punya banyak relasi artinya lebih mudah menjaring konsumen di luaran sana. Kesempatan mendapatkan keuntungan besar juga makin tinggi. Membangun relasi lebih baik mulai dari yang paling kecil.

Contoh salah satu strategi bisnis online seperti ini adalah ikut serta untuk menjadi sponsor kegiatan sosial. Bisa juga memperkenalkan produk dalam sebuah pertunjukkan seni. Hal ini dianggap sebagai cara paling mudah untuk memperkenalkan produk yang dijual pada lebih banyak orang.

Buat Konten Marketing Yang Menarik
Punya situs online shop yang biasa saja tidak akan menjamin konsumen betah belanja. Kamu harus bisa membuat konten-konten menarik yang relevan dengan produk yang dijual untuk ditambahkan pada situs tersebut. Seperti aneka foto, video hingga artikel yang menarik konsumen.

Sebagai contoh strategi bisnis online untuk produk kosmetik adalah menambahkan konten video tutorial make up, artikel tentang jenis-jenis kosmetik, dan lain sebagainya. Jangan lupa buat konten yang unik dan update secara rutin sehingga tidak membosankan. Cara seperti ini akan membuat konsumen lebih betah belanja pada toko online yang dibuat.

Pahami Trend Platform Yang Digunakan
Metode pemasaran bisnis online yang paling banyak digunakan adalah melalui media sosial. Saat ini media sosial sudah cukup banyak jumlahnya. Sebagai seorang pebisnis online, tidak boleh terlalu kaku. Artinya, harus tahu trend masa kini, orang-orang lebih prever ke media sosial yang mana.

Jadi, strategi bisnis online yang juga perlu kamu perhatikan adalah selalu up to date. Pahami trend masa kini. Mengingat media sosial merupakan pemasaran online paling direkomendasikan saat ini. Dengan begitu, keuntungan bisa dimaksimalkan.

Bergabung Di Marketplace
Tidak ada salahnya juga kamu bergabung dengan marketplace. Harus diketahui, orang-orang sekarang cenderung lebih menyukai berbelanja di marketplace. Selain karena lebih terpercaya, proses pembayarannya juga mudah, hingga banyak diskon menjanjikan. Bagi pebisnis online, marketplace justru bisa membantu produknya lebih cepat terjual. Pasalnya, konsumen cenderung mencari produk yang diinginkan dengan melihat deskripsinya dulu.

Itu dia tadi apa saja strategi bisnis online yang bisa dicoba. Ingat saingan bisnis online sekarang ini sangat ketat sekali. Jalankan bisnis online tidak boleh asal-asalan. Butuh strategi khusus sehingga bisa sukses meraih keuntungan besar. (yuli)