Ternyata, tidak hanya orang lanjut usia saja yang sering mengalami lupa. Namun, banyak juga anak muda yang sering melupakan hal-hal kecil, seperti lupa meletakkan barang. Lalu, bagaimana cara agar kamu bisa mengingatnya kembali? Berikut ini akan dijelaskan beberapa teknik menghafal yang bisa kamu coba lakukan.

Teknik Dalam Menghafal
Dalam menghafal, kamu harus mengubah cara menyimpan informasi yang ditujukan untuk pikiran kamu sendiri dengan baik dan benar. Untuk mendukung hal tersebut, kamu bisa melakukan beberapa cara seperti berikut ini.

    • Membangun Istana Memori

Metode istana memori merupakan peningkatan memori menggunakan visualisasi dengan bantuan dari memori spasial. Ini merupakan salah satu metode yang sering dibahas oleh Cicero dalam dialog kunonya yang sering disebut dengan De Oratore.

Bahkan, sudah banyak sekali juara kontes memori yang mengaku telah menggunakan teknik membangun istana memori ini untuk mengingat daftar angka, hingga wajah seseorang.

    • Mnemonik

Mnemonic merupakan perangkat memori yang bisa membantu kamu dalam mengambil sebuah informasi. System ini merupakan salah satu teknik yang sering digunakan secara sadar untuk meningkatkan memori.

Hal ini bisa membantu kamu dalam menggunakan informasi yang sudah tersimpan dalam memori jangka panjangmu, sehingga kamu pun bisa dengan mudah menghafal. Mnemonics ini memanfaatkan isyarat pengambilan untuk bisa menyandikan sebuah informasi di otak.

Dengan begitu, maka akan sangat memungkinkan adanya penyimpanan dan pengambilan informasi yang jauh lebih efisien. Cara untuk melakukannya adalah dengan belajar membuat mnemonic ini. Jika kamu merasa kesulitan dalam membuatnya, maka kamu bisa memanfaatkan situs dari Mnemonic Generator.

    • System Pasak Mnemonik

System pasak mnemonic ini merupakan sebuah teknik yang bisa kamu gunakan untuk menghafal daftar sekaligus berfungsi untuk mempermudah mengaitkannya dengan angka yang diwakilinya.

Objek-objek ini adalah pasak dari system mnemonic. Caranya adalah dimana kamu bisa membuat system nomor sajak dengan setiap angkanya memiliki kata kunci mnemonic berirama.

    • Chunking

Memotong merupakan salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengingat informasi dalam jumlah yang cukup besar. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara memecahkannya menjadi sebuah informasi yang jauh lebih kecil.

Perlu kamu ketahui bahwa seseorang akan jauh lebih mungkin untuk mengingat informasi ketika sedang menyatukan kembali potongan-potongan kecil untuk melihat keseluruhan dari sebuah gambar.

Hal ini bisa kamu temui dan lakukan ketika kamu sedang memainkan puzzle. Dari beberapa potongan gambar yang kecil dan bentuknya, maka kamu bisa menyatukannya kembali dengan melihat dari bentuk serta sinkronisasi dari gambar tersebut sehingga menghasilkan satu gambar utuh sebagai informasi akhirnya.

    • Transfer Pembelajaran

Transfer pembelajaran merupakan salah satu cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari sesuatu sekaligus menerapkannya di bidang lain dengan lebih mudah. Metode transfer pembelajaran ini terdiri dari dua mode, yakni transfer vertical atau transfer jauh, dan transfer horizontal atau transfer dekat.

Transfer vertical merupakan pikiran untuk mempelajari sesuatu di sekolah dasar dan menerapkannya lebih tinggi dalam kehidupan sehari-hari. Sementara itu, transfer horizontal sendiri merupakan pola piker untuk belajar konsep dalam sejarah lalu mulai menerapkannya dalam dunia matematika.

Itulah beberapa teknik menghafal yang bisa kamu coba lakukan sendiri dirumah untuk bisa lebih mengasah otakmu dalam mengingat sesuatu. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk dirimu sendiri dalam jangka pendek maupun jangka panjangnya. Semoga penjelasan diatas membantu dan selamat mencoba!