Berubahnya beberapa sistem dalam kehidupan akibat pandemi Covid 19 yang masih mengalami kenaikan dan penurunan kasus membuat adanya perubahan dalam beberapa sektor kehidupan salah satunya pada sistem pendidikan. Hal tersebut mengakibatkan adanya kebijakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Adanya pembelajaran jarak jauh merupakan solusi untuk menekan penyebaran angka Covid 19 pada cluster sekolah atau pendidikan. Berikut di bawah ini beberapa tips yang bisa orang tua lakukan ketika mendampingi anak saat pembelajaran jarak jauh agar semakin semangat belajar.

Susun Jadwal Belajar Anak
Jadwal belajar tidak melulu mengatur keseharian harus full diisi dengan belajar. Adanya jadwal adalah agar dapat mengatur mana waktu belajar, bermain, dan juga melakukan kegiatan lainnya tanpa mengurangi porsi belajar anak. Mengatur jadwal belajar menjadi penting agar anak tidak tertekan dengan banyaknya tuntutan tugas saat belajar online.

Hal ini juga bisa memotivasi sang anak untuk bersemangat saat belajar. Sebagai orang tua tentunya kamu harus konsisten juga disiplin membimbing juga mengawasi anak dalam menjalankan jadwal tersebut. Jangan lupa untuk menyisihkan waktu sekedar berkumpul dan bersantai dengan keluarga agar semangat anak terus diperbaharui.

Buatlah dengan Nyaman dan Kondusif Tempat Belajar yang Digunakan
Terciptanya suasana nyaman dan kondusif merupakan salah satu motivasi juga apresiasi dukungan yang orang tua berikan bagi anak. Cara menata ruang belajar dengan nyaman misalnya didukung dengan pencahayaan yang baik, tenang dari gangguan suara, suasana ruangan yang rapi juga kebersihan tempat tersebut.

Benda seperti smartphone dan TV boleh disimpan dalam ruangan namun penggunaannya masih harus tetap dalam pengawasan orang tua. Agar jadwal belajar yang sebelumnya dibuat memang dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Pelajari dan Awasi Kebiasaan Belajar pada Anak
Dengan rentan waktu belajar yang relatif lama dalam sehari, namun pada umumnya, anak hanya dapat berkonsentrasi ketika belajar selama 10-30 menit. Nah ketika fase konsentrasi tersebut sudah terlewati maka beri jeda sejenak agar anak dapat mengembalikan kembali konsentrasi saat belajar.

Hal tersebut dapat diselingi dengan bercengkrama, memakan cemilan dan minuman juga lain sebagainya. Jangan sampai anak terus dipaksakan belajar walaupun sudah tidak konsentrasi lagi, agar progres belajar terus meningkat dengan baik.

Jaga Sikap dan Perilaku Orangtua ketika Mendampingi Anak Belajar
Ada istilah yang mengatakan mengajarkan anak dengan mencontohkannya lebih efektif dibandingkan hanya menyuruh tanpa berbuat apa-apa. Hal tersebut juga berlaku saat kamu mendampingi anak belajar. Atur emosi dengan stabil, jangan sampai membandingkan anak dengan orang lain yang akhirnya akan menjatuhkan mental anak sendiri.

Beri dukungan yang penuh, apresiasi setiap kemampuan dan pencapaian yang diraih. Hal tersebut akan memberikan energi positif bagi perkembangan emosional anak. Kamu juga perlu mengetahui jika anak sedang mengalami permasalahan belajar, maka carikan solusi bersama yang tepat untuk menyelesaikannya.

Dengan komunikasi yang baik antara anak dan orang tua, akan munculnya kerja sama satu sama lain. Secara alami akan muncul energi-energi positif yang akan membangkitkan intelijen juga emosi baik sang anak. Maka dari itu perlunya mengontrol emosi yang baik saat bersama anak-anak.

Berikan Apresiasi pada Anak dalam Bentuk Pujian atau Hadiah
Bentuk kecil apapun berupa apresiasi dari orang tua sangat memberikan dampak positif bagi anak dan meningkatkan prestasi baik akademik maupun emosinya. Apresiasi yang orang tua berikan bisa berupa pujian ataupun hadiah. Namun jangan sampai kamu terlalu memberikan hadiah terlalu sering tanpa ada usaha ataupun pencapaian yang dicapai oleh anak.

Nah, itulah hal tips pendampingan bagi orang tua saat mendampingi anak ketika proses pembelajaran jarak jauh. Adanya pengawasan orang tua sangat diperlukan, agar pembelajaran anak lebih terarah dan target akademik juga tercapai. Semoga bermanfaat!